Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Sopir Angkot hingga Kuli Bangunan Itu Kini Jadi Mekanik Pesawat...

Kompas.com - 22/04/2017, 11:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 24 anak dari keluarga kurang mampu di Surabaya menandatangani kontrak kerja sementara dengan perusahaan maskapai penerbangan sebagai mekanik pesawat.

Anak-anak dari kalangan warga tingkat ekonomi menengah ke bawah, seperti putra dari sopir angkot, kuli bangunan, penjual krupuk, hingga pekerja serabutan, ini baru diwisuda dari Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya pada pekan lalu. Selama kuliah, biaya pendidikan mereka sepenuhnya ditanggung Pemkot Surabaya.

Jumat (21/4/2017) sore, mereka berpamitan kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, di ruang kerjanya karena pekan depan, mereka harus sudah berada di bengkel Garuda Maintenance Facility (GMF) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Risma dalam wejangannya berharap, mereka terus belajar dan cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

"Kalau kerja kalian bagus, perusahaan pasti akan senang dan menaikkan status jabatan," kata Risma.

Dia juga mengingatkan agar mereka tidak lupa dengan orangtua di rumah.

"Kalau sudah terima gaji, sisihkan untuk keluarga di rumah, jangan sampai lupa," ucap Risma.

Pemkot Surabaya, lanjut Risma, akan menanggung semua biaya perjalanan ke tempat kerja dan semua kebutuhan sebelum mereka menerima gaji.

Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Supomo, mengatakan, semula ada 800 siswa kurang mampu yang diseleksi. Tim dari Dinas Sosial mendatangi rumah mereka satu persatu untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang data anak tersebut.

"Kami pilih yang benar-benar kurang mampu dan berprestasi," ujar Supomo, Sabtu (22/4/2017).

Riksa Alfarisi (19), warga Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, adalah salah satunya. Putra sopir angkot lulusan SMK jurusan permesinan itu mengaku bangga bisa bekerja di bengkel pesawat terbang.

"Alhamdulillah bisa mengangkat derajat orangtua. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bu Risma dan Pemkot Surabaya," tuturnya.

(Baca juga: Risma Siapkan Kado Co-Working Space untuk Anak Muda Surabaya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com