Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Abah Tarsa Hidup Sebatang Kara di Gubuk dengan Leher Bengkok

Kompas.com - 22/04/2017, 09:55 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.comAbah Tarsa (82) berdiri perlahan. Dia melangkahkan kakinya ke dapur yang berada persis di samping gubuk miliknya.

Dapurnya sangat kecil. Luasnya hanya sekitar 1x1 meter. Di dalam dapur, terdapat hawu (tungku) dan sejumlah kayu bakar. Dindingnya dibiarkan setengah terbuka. Hanya dinding bagian bawah dipasangi triplek agar angin atau hujan tidak mengganggu api dalam tungku.

Abah Tarsa mengangkat panci berisi nasi liwet dan menyimpannya di dekat tungku lalu kembali ke gubuknya yang berukuran 2x3 meter untuk menerima Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang datang bertamu sore itu.

Sama dengan dapurnya, gubuknya pun tidak layak untuk ditinggali. Dindingnya terbuat dari triplek seadanya. Di dalamnya hanya ada alas tidur. Di samping gubuk terdapat beberapa kandang ayam, begitu pun di belakang gubuk ada kandang domba milik orang lain yang dititipkan pada Tarsa.

Jika malam tiba, Tarsa hidup dalam gelap. Di gubuknya tidak ada listrik maupun kamar mandi. Jika ingin buang air, ia harus nebeng ke tempat lain.

“Ah nya kieu weh, calik nyalira. Istri sareng murangkalih tos ngantunkeun sadaya (ah begini saja, tinggal sendiri. Istri dan anak sudah meninggal semua),” ujar Tarsa kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2017) sore.

Tarsa bercerita, sudah empat kali menikah. Ia memiliki dua orang anak dari istri ketiganya. Namun mereka sudah meninggal, termasuk istri terakhirnya meninggal 2012 silam.

Dia tidak memiliki saudara. Hanya ada saudara istrinya yang terkadang menengok keadaan Tarsa. Sejak saat itu, dia tinggal seorang diri ditemani hewan kesayangannya, seekor kucing.

(Baca juga: Setiap Batuk, Tulangnya Patah, Bocah Ini Mengaku Ingin Mati Saja)

Untuk bertahan hidup, Abah Tarsa menjadi pemulung barang rongsokan dan menerima belas kasihan orang lain. Namun, jika mendapat daging, Tarsa tak akan memakannya. Ia berikan daging tersebut untuk kucingnya.

“Dikasih ke kucingnya, dia (Tarsa) sendiri makan sama garam. Sebelum ngerongsok (pergi cari barang rongsok) dia akan bilang sama kucingnya, 'doain ya ada daging buatmu',” tutur Eulis, saudara istri Tarsa.

Eulis sendiri hanya bisa membantu seadanya. Pekerjaannya sebagai pembantu rumah tangga sangat pas-pasan untuk menghidupi keluarganya. Namun dia akan menyempatkan diri mengunjungi Tarsa dan memberi makanan.

Rumah layak

Gubuk Tarsa berada di samping perumahan elite Sweet Antapani Regency atau di belakang SMPN 49 Bandung. Tarsa menempati tanah pengembang setelah diizinkan oleh pemilik tanah.

Tos dua tahun calik didieu (Sudah dua tahun tinggal disini),” ungkapnya.

Belum lama ini, salah satu komunitas di Bandung melihat kondisi Tarsa. Mereka pun mengumpulkan dana untuk membangun rumah yang layak. Namun mereka terbentur dengan status tanah yang bukan miliknya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com