Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Figur Perempuan yang Mendominasi Pemberitaan di Indonesia

Kompas.com - 21/04/2017, 15:47 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Porsi pemberitaan figur kaum perempuan di media dinilai masih minim. Itu terlihat dari hasil riset yang dilakukan Indonesia Indicator (I2).

I2 mencatat, dari total 14 juta berita yang diwartakan1.525 media online di Indonesia sepanjang 1 Mei 2016 sampai 16 April 2017, hanya terdapat 165 figur perempuan dari 2.500 nama yang diberitakan media. Ini artinya, perempuan hanya menempati porsi sebanyak 7% dibandingkan figur pria.

“Dari 15 nama yang diberitakan media rata-rata hanya memunculkan satu nama perempuan. Ini hanya menunjukkan bahwa figur perempuan ini relatif jarang diberitakan media ketimbang laki-laki,” ujar Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (21/4/2017).

I2 memberikan catatan, dalam penelitian ini mereka memasukkan semua nama perempuan, baik yang memiliki catatan positif maupun negatif (tindak kriminalitas). Dari 78 urutan nama terbanyak diberitakan media terdapat 10 nama perempuan.

Posisi teratas sebagai top person, diduduki Sylviana Murni. “Dalam istilah kami, top person, adalah figur yang namanya paling banyak disebut oleh media,” ungkap Rustika.

(Baca juga: Sylviana Murni Berharap Tak Lagi Diperiksa Polisi)

“Partisipasinya sebagai calon wakil gubernur DKI membuat Sylviana Murni mampu merebut panggung perhatian media,” ungkapnya.

Setahun terakhir, Sylviana diberitakan sebanyak 40.015. Itu artinya, dalam sehari, rata-rata nama Sylviana diberitakan sebanyak 114 kali. Nama Sylviana Murni sendiri tidak masuk dalam urutan 25 perempuan terbanyak diberitakan tahun lalu.

Sementara itu top person media berikutnya adalah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Megawati diekspose media sebanyak 34.471 berita dalam satu tahun terakhir. Posisi ketiga ditempati Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan 24.563 berita.

(Baca juga: Megawati: Ahok, Sudahlah Jangan Cerewet)

Berturut-turut adalah nama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (18.990 berita), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (17.395 berita), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (14.064 berita), dan Menteri BUMN Rini Soemarno (13.407 berita).

Selanjutnya ad Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (13.398 berita), Menko PMK Puan Maharani (11.512 berita) serta pedangdut Ayu Tingting (10.534 berita).

Kompas TV Megawati: Pelaksanaan Pilkada Berjalan Baik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com