Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Gelar Doktor HC, Alasan Menteri Susi Batal Ikut UNBK Paket C

Kompas.com - 19/04/2017, 09:20 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com - Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Bina Pandu Mandiri yang berlokasi di SMAN 1 Ciamis diketahui selama ini sebagai lembaga Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, menuntut ilmu sekolah Paket C setara SMA. Susi kali pertama mendaftarkan diri di tempat tersebut sejak Juli 2015 lalu.

"Ya Ibu Susi terdaftar di sekolah ini sejak Juni 2015. Waktu itu Ibu Susi menyerahkan persyaratan berupa fotokopi ijazah SMP, dan surat keterangan dari SMA 1 Jogjakarta, tempat Susi pernah sekolah dulu. Bu Susi tercatat sampai kelas 2 SMA 1 Jogjakarta. Sekolah pun menempatkan Bu Susi langsung masuk kelas XI atau kelas dua," jelas Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri Ciamis, Didi Ruswendi saat dihubungi, Senin (19/4/2017).

Dengan demikian, saat jadwal pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) Paket C pada Sabtu dan Minggu (15-16/4/2017), Didi mengakui nama Menteri Susi masih terdaftar sebagai salah satu peserta ujian nasional di tempatnya.

Namun, Menteri Susi mengundurkan diri dan tak ikut ujian dengan alasan telah mendapatkan gelar doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Dipenogoro Semarang sebelum pelaksanaan ujian.

Baca juga: Mendikbud: UNBK Bikin Paket C Semakin Berkualitas

"Bu menteri mengundurkan diri dan tak ikut ujian dengan alasan sudah mendapatkan gelar doktor honoris causa tersebut," tambah Didi.

Selama ini pun, kartu ujian, nomor induk pelajar dan kartu ujian Menteri Susi pun dibenarkan telah terbit dan terpasang di meja ujian. Karena sang menteri tersebut sudah tercatat di Data Pokok Pendidikan Kemendikbud.

Menteri Susi pun telah memiliki NISN atau nomor induk siswa nasional. "Betul, kartu ujiannya sudah terbit dan sudah ditempelkan di bangku ujian," tambah dia.

Selama proses belajar mengajar selama ini, Menteri Susi dan pelajar Paket C lainnya dilakukan dengan metode e-learning atau belajar jarak jauh. Fasilitasnya pun sama dengan pelajar lainnya dan telah diberikan modul buku pembelajaran.

"Bu Susi tercantum pada daftar peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C di SMAN 1 Ciamis. Nama Susi di nomor urut dua dengan username C02140300436. Semuanya 24 peserta ujian, hanya Bu Susi yang tidak bisa hadir," katanya.

Baca juga: Menteri Susi Angkat Bicara soal Uang Kompensasi Pembebasan Ikan Duyung

Kompas TV Seorang Kakek Semangat Ikuti Ujian Paket C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com