Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bakal Calon Terkuat Wali Kota Bandung Versi Instrat

Kompas.com - 17/04/2017, 17:50 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia Strategic Institute (Instrat) merilis hasil survei terhadap persepsi warga Kota Bandung terkait Suksesi Kepemimpinan Kota Bandung 2018.

Seiring dengan rencana Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Barat, maka bursa calon Wali Kota Bandung mendatang menjadi menarik. 

"Harapan publik menjadi cukup tinggi akan pengganti Ridwan Kamil yang dianggap bisa melanjutkan pembangunan Kota Bandung dengan baik," kata Social Analyst Instrat, Adi Nugroho, saat konferensi pers di Hotel Mitra, Jalan WR Supratman, Kota Bandung, Senin (17/4/2017).

Baca juga: Jokowi, Ridwan Kamil dan Pilkada Jabar...

Adi menambahkan, ekspektasi publik tertinggi akan sosok wali kota Bandung ke depan adalah dari kalangan profesional dan akademisi. Ada tiga urutan teratas yang memiliki popularitas di bawah Ridwan Kamil yang masih diharapkan oleh warga kembali memimpin di periode kedua.

Urutan pertama adalah Oded M Danial (wakil wali Kota Bandung saat ini) dengaan 83,2 persen. Diikuti oleh istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya dengan 72 persen, kemudian artis dan presenter M Farhan dengan 55,8 persen. 

"Ketiga tokoh tersebut dimaklumi memiliki popularitas yang tinggi," ujarnya.

Baca juga: Maju Pilkada Bandung 2018, Farhan Klaim Didukung Ridwan Kamil 

Selain tiga orang tersebut, masih ada nama-nama lainnya yang bisa menjadi kuda hitam jika ikut Pilkada Kota Bandung 2018 mendatang dengan popularitas di atas 25 persen. Mereka adalah Arfi Rafnialdi, Fiki Satari dan Yossi Irianto. 

"Bukan tidak mungkin jika akan ada kuda hitam di antara ketiga nama tersebut di antara kompetisi dengan nama-nama yang sudah lebih dulu dikenal, lebih khusus yang sosoknya cenderung muda," ungkapnya.

Kompas TV Kang Emil Lakukan Kampanye di Sukabumi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com