Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kera Serbu Rumah dan Perkebunan Warga di Sukoharjo

Kompas.com - 07/04/2017, 18:29 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Ratusan kera menyerang sebuah desa di Sukoharjo, Jawa Tengah. Kera kelaparan tersebut masuk ke dalam rumah dan mengambil makanan milik warga.

Selain rumah, ratusan kera juga masuk ke perkebunan milik warga di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kera ini merusak perkebunan dan memakan jagung, padi, maupun kacang-kacangan yang ditanam petani.

Gerombolan kera yang berhabitat di Pegunungan Seribu, Sukoharjo, sudah sepekan turun gunung untuk mencari makanan. Aksi kera tersebut meresahkan warga.

(Baca juga: Ratusan Kera Serbu Sebuah Kampung di China, Penduduk Kewalahan)

 

"Kalau pas datang bisa ratusan, langsung ambil makanan yang ada di dapur dan juga di kebun," kata Supangat, Kepala Desa Sanggang, Jumat (7/4/2017).

Supangat menjelaskan, serangan gerombolan kera terjadi kurang lebih satu minggu terakhir. "Setiap tahun kondisi ini terulang, mungkin karena di gunung tidak ada makanan lagi dan turun gunung," tuturnya.

Warga, sambung Supangat, sudah melakukan segala cara. Bahkan warga pernah mendatangkan pawang kera, namun belum memecahkan masalah.

(Baca juga: Menyibak Kampung Monyet hingga Keramik di Purwakarta)

 

"Ke depan akan kita galakan dengan menanam pohon buah-buahan di lereng gunung, sehingga kera tidak turun sampai ke rumah warga," ujar AKP Kamiran, Kapolsek Bulu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com