Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantap Maju di Pilkada Jabar 2018, Ridwan Kamil Siap Kalah

Kompas.com - 05/04/2017, 19:28 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah memantapkan niat untuk maju di Pilkada Jabar 2018 mendatang. Keputusan itu didapat setelah ia melakukan ibadah umrah ke tanah suci pekan lalu.

"Iya, alhamdulillah sudah mantap, iya untuk Pilgub," ucap Emil, sapaan akrabnya saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Rabu (5/4/2017).

Baca juga: Relawan Barka Siap Kumpulkan 2,2 Juta KTP untuk Ridwan Kamil

Emil mengaku sudah menyiapkan mental terkait hasil pilkada nanti, termasuk jika ia kalah.

"Jika ada takdirnya, saya akan berikhtiar menjemputnya. Nanti takdirnya mengatakan kamu jadi atau kamu tidak jadi. Tidak jadi pun saya siap mentalnya, di umrah meyakinkan," ucapnya.

Pada hakikatnya, lanjut Emil, ia memiliki prinsip bisa memberikan manfaat kepada semua orang di manapun ia ditempatkan.

"Karena di manapun kita diberi panggung kehidupan, jadilah manusia terbaik. Jadi mentalnya, menang siap, kalah juga siap. Kalau memang takdirnya ada dan bisa, saya siap. Kalau takdirnya tidak dan kalah, saya siap, kitu weh," tuturnya.

Emil pun menegaskan tak ingin terlalu percaya diri kendati sudah ada dukungan dari salah satu partai politik. Terkait adanya syarat politik dari Nasdem, Emil mengaku belum pasti lantaran proses pendaftaran masih lama.

"Kan akhir pendaftaran masih panjang, saya gak mau berandai-andai dulu karena berkaca di Pilkada DKI, dideklarasikan ternyata di ujung. Tidak, saya enggak mau geer di awal. Namanya syarat-syarat itu saya fahami. Kan gak ada hitam putihnya, karena memang belum ada kepastian. Kepastiannya itu saat pendaftaran. Kalau sampai sekarang posisinya semua orang yang mendukung, ya nuhun," jelasnya.

Baca juga: Kecewa terhadap Ridwan Kamil, Gerindra Tutup Dukungan

Kompas TV Ridwan Kamil: Jalur Independen Bisa Jadi Opsi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com