Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Kepala BNPT kepada Ribuan Anggota Muslimat NU

Kompas.com - 02/04/2017, 21:56 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius berbicara di hadapan ribuan anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Kediri, Jawa Timur, Minggu (2/4/2017).

Suhardi Alius berpesan kepada ibu-ibu yang datang dari berbagai wilayah di Jawa Timur itu agar meningkatkan kewaspadaan.

Menurut dia, beberapa hal negatif menjadi ancaman keluarga, seperti narkoba, pornografi, hingga ajaran radikalisme.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengibaratkan ancaman itu ibarat virus dan keberadaannya cukup dekat di tengah kehidupan bermasyarakat.

"Virus-virus itu bisa menodai anak-anak kita," ujar Suhardi dalam acara Peringatan Harlah Muslimat NU ke-71 di GOR Jayabaya.

Sosok ibu dengan segala peranan dan tanggung jawabnya di lingkup keluarga, menurut Suhardi Alius, bisa menjadi benteng dalam penyebaran paham radikal yang senantiasa mengintai anggota keluarga.

Seorang ibu yang terbiasa merawat anaknya, akan mudah melihat perubahan perilaku pada anak-anaknya itu. Hal itu bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi dini terhadap kemungkinan anaknya terjerat ajaran garis keras.

Menurut Suhardi, paham radikalisme juga sudah masuk di wilayah Jawa Timur. Bahkan pihaknya telah mengantongi data warga yang telah terjerat paham radikalisme itu.

Kompas TV Cukupkah Pemeriksaan 1x24 Jam Untuk Mengungkap Kasus Terorisme?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com