Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Kampus IPB Dramaga Diduga karena Korsleting Listrik

Kompas.com - 29/03/2017, 17:19 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Hingga kini, Kepolisian belum dapat memastikan penyebab terbakarnya salah satu laboratorium yang berada di Gedung Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB), Dramaga, Kabupaten Bogor.

Namun, dugaan sementara, penyebab kebakaran karena korsleting dari kabel pendingin ruangan (AC) di ruangan itu.

Kepala Polsek Dramaga Ajun Komisaris Budi Santoso mengatakan, api sempat menjalar ke ruangan yang berada di lantai satu dan lantai dua. Kobaran api dapat dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi.

"Tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan sekitar 40 menit. Saat ini, petugas masih mendinginkan lokasi kebakaran supaya tidak muncul api lagi," ujar Budi, di lokasi kejadian, Rabu (29/3/2017).

(Baca juga: Gedung Kampus IPB di Dramaga Bogor Terbakar)

Budi menambahkan, ada sekitar sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Bogor dikerahkan untuk memadamkan api. Bahkan, sejumlah mahasiswa ikut berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Selain penyebab kebakaran, pihaknya belum bisa memastikan total nilai kerugian dalam peristiwa itu. Petugas, masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui pasti penyebabnya.

"Masih kami selidiki, tapi dugaan sementara karena korsleting listrik. Kita juga masih menghitung kerugiannya. Tapi yang pasti, laboratorium di gedung itu habis terbakar," ucapnya.

(Baca juga: Enam Kebakaran Besar Pernah Landa Pasar Senen)

Sementara itu, pihak kampus IPB belum dapat dimintai keterangan soal peristiwa itu. Pihak kampus baru bisa memberikan keterangan resmi setelah petugas selesai melakukan olah TKP. 

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com