Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang Landa Padang Sidempuan, 17 Rumah Hanyut, 5 Orang Tewas

Kompas.com - 27/03/2017, 12:57 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Lima warga tewas, 17 rumah hanyut dan 17 lainnya rusak berat karena banjir bandang yang melanda Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Minggu (26/3/2017) malam.

"Lima orang yang meninggal dunia itu sudah ditemukan. Saat ini, petugas Kepolisian dan TNI sedang melakukan pembersihan," ujar Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Senin (27/3/2017) siang.

Menurut Nainggolan, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 18.30 WIB pada Minggu (26/3/2017). Selain merusak rumah dan menghanyutkan warga 7 kednaraan juga terbawa arus di Lingkungan II, Kelurahan Batunadua Julu.

Di Batang Ayumi Julu, kata Nainggolan, tiga rumah hanyut dan tiga rumah rusak berat. Kemudian, di Lingkungan VIII WEK V, Pasar Siborang, 8 rumah sewa hanyut.

"Di Desa Simatohir, Kecamatan Angkola, dua rumah rusak berat. Rata-rata, rumah yang rusak itu akibat diterjang yang membawa batang pohon berukuran besar," tambah Nainggolan.

Satu satuan setingkat kompi (SSK) Brimob Polda Sumut dikirim ke lokasi bencana.

"Ada satu SSK (satuan setingkat kompi) yang dikirim untuk melakukan evakuasi dan pembersihan. Sedikitnya, ada 100 personel yang sudah berada di lapangan," kata Kasi Intel Brimob Polda Sumut, Kompol Kris Sianturi, Senin.

Kris mengatakan, 1 SSK Brimob itu berasal dari Batalyon C. Pasukan dipimpin langsung AKBP Assena St Siahaan.

"Pasukan akan bahu-membahu bersama TNI membersihkan lokasi yang terdampak bencana. Untuk data kerusakan, masih kami inventarisasi," ungkap Kris.

Dia mengatakan, di lokasi bencana, banyak batang pohon yang terdampar di pemukiman penduduk. Tidak hanya sampah batang dan ranting pohon, lumpur juga merendam pemukiman warga.

"Kami upayakan semaksimal mungkin membantu masyarakat dan pemerintah setempat. Sebagian pasukan juga membantu mencari orang yang hilang," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Senin (27/3/2017), dengan judul: 17 Rumah Hanyut dan Rusak Dilanda Banjir Bandang dan Brimob Kirim 1 SSK Bantu Korban Bandang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com