Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Nyepi, Umat Hindu Gelar Melasti di Pantai Boom Banyuwangi

Kompas.com - 27/03/2017, 08:40 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com -  Ratusan umat Hindu di Kota Banyuwangi menggelar upacara Melasti di Pantai Boom, Banyuwangi, Minggu (26/3/2017). 

Upacara tersebut diadakan untuk menyambut Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1939.

Sebelum upacara berlangsung, mereka mengarak Pratima (simbol kekuasaan Tuhan) serta kain putih dan beberapa sesaji. Beberapa perempuan dewasa juga terlihat menari di iring-iringan terdepan.

Selanjutnya mereka menuju ke bibir pantai dan menyentuhkan kaki ke air laut. Beberapa orang kemudian terlihat menaiki perahu untuk menuju ke Selat Bali untuk mengambil air suci. Proses pengambilan air tersebut adalah Ri Satelenging Segara. 

Air suci dari air laut akan dipuja, didoakan lalu dipercikkan kepada umat yang datang untuk berdoa.

Wayan Artha, sesepuh Pura Giri Natha yang berada di tengah kota Banyuwangi kepada Kompas.com, Senin (27/3/2017), menjelaskan, Melasto berasal dari kata Mala yang berarti adalah kotoran dan Asti yang bermakna memusnahkan.

"Melasti bermakna melepaskan jiwa kita yang kotor menjadi bersih saat masuk ke tahun baru. Nafsu, benci, gampang marah, fitnah, malas dan lainnya harus dilebur, termasuk suka mengeluh," kata Wayan Arta.

KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Masyarakat Hindu di Banyuwangi menggelar Upacara Melasti di Pantai Boom Banyuwangi Minggu (26/3/2017)

Dia juga menjelaskan, upacara Melasti selalu diadakan di sumber mata air terdekat, salah satunya adalah di pantai. Jika mereka tinggal di wilayah pegunungan, maka upacara Melasti akan digelar di sumber mata air yang ada di sana.

Wayan mengatakan hal tersebut menjadi alasan umat Hindu dari Pura Giri Natha menggelar Melasti di Pantai Boom Bantuwangi. Mereka sudah mengajukan izin ke pihak Pelindo sejak 2 minggu sebelumnya.

"Mengapa air? Karena manusia tidak bisa hidup tanpa air. Kehidupan ini tidak akan ada tanpa air. Dan, kita juga harus melestarikan lingkungan. Upacara Melasti salah satunya menyampaikan pesan untuk melestarikan lingkungan," jelasnya.

Selain di Pantai Boom, upacara Melasti juga digelar di beberapa pantai yang ada di Banyuwangi, seperti Pantai Pulau Merah Kecamatan Pesanggaran, Pantai Blibis Kecamatan Rogojampi serta Pantai Muncar Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com