Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukabumi Berencana Membuat Aplikasi Angkot "Online"

Kompas.com - 22/03/2017, 20:07 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jawa Barat, berencana membuat aplikasi angkutan kota online sebagai salah satu solusi bagi penarik angkot konvensional di tengah maraknya yang berbasis aplikasi.

"Dengan membuat aplikasi ini diharapkan penarik angkot konvensional bisa bersaing dengan yang berbasis aplikasi," kata Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman di Sukabumi, Rabu (22/3/2017).

Menurutnya, untuk rencana tersebut pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa lembaga dan dinas terkait serta akan meminta masukan dari pakar informasi teknologi dalam pengembangan aplikasi ini.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi angkot online ini bisa menjadi solusi di tengah seringnya terjadi bentrokan antara penarik angkutan umum konvensional dan online seperti di Bogor dan Bandung.

Baca juga: Sopir Angkot dan Ojek "Online" di Bogor Kembali Bentrok, Sejumlah Kendaraan Hancur

Bahkan aplikasi angkot online ini bisa menjadi pilot project, sebab di Indonesia belum ada yang seperti ini. Namun demikian, pihaknya juga akan memikirkan trayeknya agar sesama angkot tidak saling mengganggu.

"Konsep ini juga memanjakan para penumpang dan diharapkan bisa meningkatkan pendapatan penarik angkot yang saat ini terus berkurang," tambahnya.

Sementara itu, perwakilan Humas Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) Kota Sukabumi, Dedi Sudarwadi mengatakan pihaknya menyambut baik rencana Pemkot Sukabumi melalui dishub membuat aplikasi online untuk angkot.

Jika aplikasi ini diresmikan, maka Kota Sukabumi menjadi yang pertama meluncurkan angkot online dan tidak menutup kemungkinan ada daerah lain mengikutinya.

"Namun demikian setiap sopir angkot harus diberikan pelatihan dan sosialisasi terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi tersebut karena mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan usia, apalagi jumlah angkot mencapai 2.000 unit," katanya.

Baca juga: Ricuh Angkot dengan Ojek "Online", Bima Arya Sebut Kondisi Bogor Aman

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com