Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Bicara Sosok Pendamping untuk Pilkada Jabar 2018

Kompas.com - 20/03/2017, 16:41 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Perlahan tapi pasti, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kian mantap untuk maju ke Pilkada Jabar 2018 mendatang. Dia pun mulai mencari sosok pendamping yang dinilai cocok dan bisa mendongkrak suara.

"Kriterianya yang penting punya kepemimpinan dan punya elektabilitas juga, minimal jangan nol banget elektabilitasnya, tapi punya nilai kepemimpinan juga," kata Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (20/3/2017).

Baca juga: Terima Nasdem, Ridwan Kamil Dinilai Bisa Bernasib seperti Dede Yusuf

Kendati demikian, ia tetap menyerahkan pilihannya terhadap mekanisme partai pendukung. Seperti yang ia lakukan pada Pilkada Bandung 2013 lalu ketika ia dipasangkan oleh PKS dan Partai Gerindra bersama Oded M Danial.

"Tiap partai kan beda-beda, ada partai yang mintanya dari partai mereka, ada partai yang minta harus masuk anggota. Di 2013 kan sama, contoh 2013 saya maju dengan PKS, kan PKS yang minta wakilnya Pak Oded, jadi polanya beda-beda," ucapnya.

Pada dasarnya, kata Emil, hadirnya nama calon pendampingnya di Pilkada Jabar 2018 akan muncul seiring dengan nyatanya dukungan dari parpol lain setelah Partai Nasdem. Sebab itu, ia pun masih fokus melanjutkan sisa jabatannya di Kota Bandung sambil menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol.

"Kalau di H-1 pendaftaran ternyata dukungannya tidak genap ya sudah berarti ambil keputusan yang paling realistis dalam politik. Bola timing menyerahkan dukungan gak bisa ngatur, ya nunggu saja. Posisi hari ini mah kembali bekerja sambil berkomunikasi semaksimal mungkin sambil menunggu datangnya dukungan," jelasnya.

Baca juga: PAN Buka Peluang Usung Ridwan Kamil pada Pilkada Jabar

Kompas TV Maju Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Diarak Keliling Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com