Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Cisadane Meluap, Rumah Warga di Bogor Selatan Tergenang Banjir

Kompas.com - 17/03/2017, 19:54 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Empat rumah warga di Kampung Batakal, RT 01 RW 07, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, terendam banjir akibat meluapnya aliran Sungai Cisadane, Jumat (17/3/2017) sore.

Banjir mulai menggenangi kawasan tersebut pada pukul 17.00 WIB, setelah hujan deras mengguyur wilayah Bogor.

Anggota Tim Tagana Kota Bogor Susanto mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pemilik rumah terpaksa diungsikan. Sejumlah peralatan rumah tangga, seperti kasur, lemari, dan peralatan memasak ikut terendam banjir.

"Ada empat rumah yang terendam banjir akibat intensitas hujan deras di hulu sungai. Banjir mulai surut sekitar 40 menit kemudian," ujar Susanto.

Dirinya menambahkan, sejumlah rumah di kampung tersebut memang berada tepat di bibir sungai, sehingga rawan banjir saat Sungai Cisadane meluap. Kata dia, meski banjir merendam wilayah itu, namun tidak sampai meluas ke daerah lain.

Sementara itu, dari pusat pemantauan Bendung Katulampa Bogor, tercatat ketinggian muka air mencapai 110 sentimeter atau berstatus siaga III. Kepala Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan debit air tersebut terjadi pukul 17.35 WIB.

"Saat ini, 161.000 liter air per detik yang mengalir di Bendung Katulampa dan diperkirakan tiba di Jakarta dalam waktu 9 jam ke depan," kata Andi.

Dia mengatakan, cuaca di kawasan Puncak dan sekitarnya masih diguyur hujan. Dia pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dengan kenaikan debit air ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com