Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dermaga Padangbai Rusak, Truk Menumpuk di Pelabuhan Lembar Lombok

Kompas.com - 16/03/2017, 17:27 WIB
Karnia Septia

Penulis

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Puluhan truk pengangkut barang menumpuk di Pelabuhan Penyeberangan Lembar, Lombok, NTB, Kamis (16/3/2017). Penumpukan terjadi akibat rusaknya salah satu dermaga di Pelabuhan Padangbai, Bali.

Humas ASDP Pelabuhan Lembar, Dheny Nurdiana Putra mengatakan, penumpukan terjadi akibat perbaikan Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Bali yang dilakukan sejak Senin (13/3/2017) lalu.

"Memang hari Senin-Selasa kemarin tidak terlalu nampak dampak antrean cukup panjang. Cuma mulai hari Rabu sampai dengan hari ini terlihat ada antrean yang cukup panjang sampai dengan luar pelabuhan," kata Dheny, Kamis (16/3/2017).

Baca juga: Jokowi Minta Waktu Tempuh Pelabuhan Merak-Bakauheni Dipersingkat

Dheny mengatakan, Dermaga II Padangbai sendiri saat ini harus dilakukan perbaikan demi keselamatan pengguna jasa angkutan laut.

"Memang kondisinya sudah tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas bongkar muat di dermaga dua," kata Dheny.

Akibat perbaikan ini, puluhan truk pengangkut barang dan logistik tampak menumpuk di Pelabuhan Lembar, lokasi parkir, hingga di luar area pelabuhan. Menurut Dheny, antrean truk ini akan semakin padat terutama pada malam dan pagi hari.

"Sekitar 2 kilometer dari pelabuhan, tapi sekarang sudah mulai berkurang," kata Dheny.

Dengan adanya antrean panjang ini, pihak otoritas pelabuhan telah melakukan berbagai inisiatif seperti mempercepat waktu bongkar-muat yang semula 50 menit menjadi 30 menit. Melakukan penundaan keberangkatan agar tidak terjadi pengapungan yang terlalu lama di Pelabuhan Padangbai.

Baca juga: Bangkai Kapal yang Meledak di Bali Ditarik ke Padangbai

Selain itu, pihak otoritas pelabuhan juga memprioritaskan kendaraan pribadi, bus pengangkut penumpang dan truk pengangkut logistik terutama logistik yang cepat busuk untuk menyeberang lebih dulu.

"Ini sedang dikoordinasikan untuk memberangkatkan prioritas pada kapal-kapal besar agar antrean truk pengangkut barang segera terurai," kata Dheny.

Dia mengatakan, perbaikan Dermaga II Pelabuhan Padangbai diperkirakan akan memakan waktu sekitar 30 hari. Namun penutupan Dermaga II, hanya akan dilakukan sekitar satu minggu.

Dheny menambahkan, dalam kondisi normal Pelabuhan Padangbai memiliki dua dermaga penyeberangan. Selain melayani penyeberangan antara Pulau Lombok dan Pulau Bali, pelabuhan ini juga melayani penyeberangan ke Pulau Nusa Penida.

Sementara itu, di Pelabuhan Lembar ada tiga dermaga yang masih dalam kondisi baik. Pada hari normal Pelabuhan Lembar mampu melayani 12 kapal dengan 24 trip penyeberangan setiap harinya. Dengan kondisi seperti sekarang ini, jumlah trip menurun menjadi 18 trip penyeberangan dalam satu hari.

Baca juga: Pelabuhan Lembar dan Padangbai Tutup Selama Nyepi

Kompas TV Surga Tersembunyi Di Pantai Bias Tugel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com