Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 10 Juta untuk Ogoh-ogoh Ramah Lingkungan dan Tak Bermuatan Politik

Kompas.com - 16/03/2017, 16:22 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Hadiah Rp 10 juta disiapkan oleh Dinas Kebudayaan Kota Denpasar untuk ogoh-ogoh terbaik dengan bahan ramah lingkungan.

"Salah satu kriteria utama adalah tidak menggunakan sterofoam untuk membuat ogoh-ogoh sehingga lebih ramah lingkungan," kata Ketua Parade Ogoh-ogoh Kota Denpasar tahun 2017 Komang Astika, Kamis (16/3/2017).

Astika mengatakan, bahan ramah lingkungan yang dimaksud misalnya bambu dan kertas yang bahannya mudah terurai. Selain bahan ramah lingkungan, tim juri juga akan menilai dari sisi estetika, kreativitas, kesesuaian antara konsep dengan makna hari Raya Nyepi dan tidak berbau politik.

"Jika ingin masuk nominasi, ogoh-ogoh yang dibuat tidak boleh menampilkan hal-hal yang berbau SARA, pornografi atau ada muatan politik," tuturnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Dinas Kebudayaan tidak mengadakan lomba untuk menentukan satu ogoh-ogoh terbaik. Dengan pola tersebut menimbulkan protes dari warga. Apalagi jika ogoh-ogohnya kalah lomba.

Untuk tahun ini, digunakan metode parade. Artinya setiap kecamatan di kota Denpasar diberi kesempatan untuk mendaftarkan ogoh-ogoh sebanyak-banyaknya. Kemudian panitianya akan melakukan seleksi dan penilaian.

Dari masing-masing kecamatan akan ditetapkan 4 ogoh-ogoh terbaik. Total 16 ogoh-ogoh dari 4 kecamatan di Kota Denpasar. Nantinya ogoh-ogoh tersebut akan dikembalikan ke kecamatan masing-masing untuk diarak pada malam pengerupukan.

"Jadi 4 ogoh-ogoh terbaik dari setiap kecamatan langsung mendapat hadiah masing-masing Rp 10 juta, setelah itu dikembalikan lagi ke kecamatan untuk diarak waktu malam pengerupukan," kata Astika.

Menurut dia, tidak hanya yang masuk nominasi saja yang mendapat hadiah uang tunai. Bagi yang mendaftar juga dihadiahi uang sebesar Rp 3 juta. Pendaftaran akan ditutup pada Senin (20/3/2017) mendatang.

Sampai saat ini, ada 214 ogoh-ogoh yang telah mendaftar, masing-masing 57 ogoh-ogoh dari Denpasar Timur dan Denpasar Utara serta 50 ogoh-ogoh dari Denpasar Selatan dan Denpasar Barat.

"Saat mendaftar langsung dapat hadiah tiga juta," kata Astika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com