Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Maret, Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan

Kompas.com - 14/03/2017, 14:00 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Warga yang membutuhkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran sudah bisa memesan tiket pada 17 Maret 2016. 

"Sistem pemesanan tiket H-90 sebelum keberangkatan diterapkan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan. Pembelian sudah bisa dilakukan sejak 17 Maret 2017," ucap Lukman, Humas PT KAI DAOP 9 Jember, Selasa (14/3/2017).

Dia mencontohkan, untuk keberangkatan H-10 Lebaran yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2017, calon penumpang bisa melakukan pembelian tiket pada tanggal 17 Maret 2017 mulai pukul 00.00 WIB.

"Jika ada yang ingin berangkat 3 hari sebelum Lebaran, yaitu pada tanggal 22 Juni bisa memesan pada tanggal 24 Maret 2017," ungkapnya.

Menurut Lukman, pembelian tiket tidak harus dilakukan di loket kereta api, namun bisa memanfaatkan saluran penjualan tiket, seperti contact center, aplikasi online melalui ponsel, minimarket dan pegadaian.

Untuk kereta api lokal yang melayani Banyuwangi Jember PP, ada 6.574 tempat duduk dan untuk kereta api jarak jauh yang dilayani Daop 9 Jember tersedia 3.750 kursi, antara lain jurusan Banyuwangi-Surabaya, Banyuwangi-Malang, Banyuwangi-Yogyakarta, Jember-Cirebon dan Jember-Purwokerto.

"Untuk penambahan gerbong pasti ada dan ini dilakukan untuk kenyamanan masyarakat yang mudik menggunakan kereta api. Diharapkan masyarakat sudah jauh-jauh hari memesan tiket agar tidak kehabisan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com