Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pastor yang Mengobrol dengan Raja Salman dalam Bahasa Arab

Kompas.com - 05/03/2017, 10:14 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akhirnya menginjakkan kaki di Pulau Dewata. Saat tiba di Bandara Ngurah Rai, Raja Salman disambut sejumlah tokoh agama dan masyarakat di Bali. Seorang di antaranya adalah imam Katolik Pastor Eventius Dewantoro, Pr.

Peristiwa menarik terjadi ketika pastor yang akrab disapa Romo Venus bersalaman dengan Raja Salman. Keduanya terlibat dalam obrolan singkat dalam bahasa Arab.

Raja Salman pun kagum dan heran, ada seorang pastor Katolik di Bali yang fasih berbahasa Arab.

Ditemui di Gereja Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Puja Mandala, Nusa Dua-Bali, Minggu (5/3/2017), Romo Venus menuturkan pengalamannya saat bertemu dengan Raja Salman.

Waktu bertemu langsung menyapa dengan bahasa Arab. Romo Venus menyapa Raja Salman dengan ucapan ahlan wa sahlan (selamat datang). Mendengar ucapan tersebut Raja Salman langsung membalas dengan ucapan masihiyun (Anda seorang Katolik?) dengan mimik bertanya.

Baca: Keluar Bandara, Raja Salman Buka Jendela Mobil dan Lambaikan Tangan

Tidak berhenti sampai di situ Raja Salman kemudian menghampiri Romo Venus.

"Raja Salman sempat menyentuh jubah saya di bagian dada dengan lembut sambil tersenyum," kata Romo Venus.

Menurut dia, Raja Salman adalah sosok yang bijaksana karena mau datang ke Bali yang mayoritas warganya memeluk agama Hindu. Hal ini menunjukkan Raja mau membuka diri menyambut yang lain.

"Raja Salman menurut saya sosok yang bijaksana, mau merangkul yang lain di tengah situasi politik Indonesia yang cenderung saling meniadakan," kata Romo Venus.

Romo Venus adalah imam Katolik kelahiran Larantuka-Flores, Nusa Tenggara Timur, 2 Mei 1969. Setelah menjadi imam Katolik, Romo Venus mendalami Studi Islamologi di Institut Dar Comboni for Arabic Studies Cairo bidang Bahasa Arab pada tahun 2002-3003, kemudian dilanjutkan dengan studi islamologi di Pontificio Instituto di Studi Arabi E D’Islamistica (PISAI) Roma pada tahun 2003-2005.

Romo Venus mempelajari berbagai materi tentang keislaman, baik Islam klasik maupun kontemporer.

Selama menjalani studi islamologi, Romo Venus sekaligus mendalami bahasa Arab karena bahasa yang digunakan saat perkuliahan adalah bahasa Arab.

"Saat studi setiap hari berbahasa Arab khususnya saat perkuliahan, berdoa juga pakai bahasa Arab," kata pengagum Gus Dur tersebut.

Baca: Tak Ada Penutupan Pantai Khusus untuk Raja Salman

Kompas TV Teka-teki kenapa Raja Salman memilih Pulau Dewata, Bali sebagai tujuan berlibur Sri Baginda Raja beserta rombongan saat berkunjung ke Indonesia, ternyata karena Raja Salman sangat tertarik menikmati eksotisnya Pantai Bali yang memiliki pasir putih dan laut lepas. Ketertarikan Raja Salman ini diceritakan perwakilan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, saat melaksanakan konferensi pers di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali. Sampai saat ini, masih belum dijelaskan ke mana saja tujuan Raja Salman selain akan menikmati keindahan pantai Bali. Akan tetapi, Raja Salman pasti akan menikmati keindahan pantai di sepanjang Pantai Nusa Dua yang terdapat di area hotel lokasi peristirahatan Raja Salman selama di Bali.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com