Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Mobil Mewah untuk Raja Salman di Bali, dari Toyota Alphard hingga Mercy

Kompas.com - 01/03/2017, 16:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Selain menyewa empat hotel mewah di kawasan International Tourism Development Center (ITDC) Nusa Dua, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud, juga telah menyewa 360 mobil mewah selama berlibur di Bali, 4-9 Maret.

Kendaraan itu meliputi lebih dari 300 mobil, seperti Toyota Alphard dan Land Cruiser hingga Mercy.

"Kalau (Toyota) Alphard sekitar 100 unit, Mercy yang disewa ada 20 unit. Ini belum termasuk sewa 20 bus yang berisi 45 kursi per bus serta 45 truk untuk mengangkut barang-barang Raja Salman dan rombongan," kata Ketua DPP Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies Denpasar, Ketut Ardana, Senin (27/2/2017).

Ardana juga menyebutkan, rombongan juga telah memesan sejumlah limusin.

Menurut dia, tidak semua mobil yang disewa berasal dari Bali, salah satunya diambil dari Banyuwangi. Mobil limusin, misalnya, lanjut Ardana, jumlahnya di Bali tidak mencukupi untuk disewa rombongan Raja Salman sehingga harus dibawa dari luar Bali.

Ardana menambahkan, rombongan Raja Salman sudah menyewa empat hotel di Bali, yaitu Saint Regis, Hilton, Ritz-Carlton, dan Laguna. Menurut dia, tarif hotel tersebut mencapai ribuan dollar AS per malam.

"Di empat hotel tersebut, semua kamar akan disewa oleh rombongan Raja Salman. Kalau detail harganya, ya karena ini tamu VVIP, bisa mencapai ribuan dollar per malam. Itu wajar karena tamunya high class," ujar Ardana.

Namun, perihal kepastian tempat menginap Raja Salman, Ardana mengaku tidak mengetahuinya.

Ardana berharap, kedatangan Raja Salman bisa menggenjot kunjungan wisatawan asal Timur Tengah ke Pulau Bali. Menurut dia, sepanjang tahun 2016, ada hampir 50.000 wisatawan asal Timur Tengah yang datang berlibur ke Pulau Bali.

Sementara itu, pada Januari 2017, sudah ada sekitar 4.300 wisatawan Timur Tengah yang masuk ke Pulau Bali. Jika dirata-rata, maka ada peningkatan sekitar 3 persen jumlah wisatawan Timur Tengah yang datang ke Bali.

"Semoga kedatangan Raja Salman sebagai kepala negara untuk berlibur ke Bali akan menambah jumlah kunjungan wisatawan asal Timur Tengah sehingga pariwisata di Bali semakin maju," tuturnya.

Rombongan Raja Salman diperkirakan berjumlah 1.500 orang, termasuk 25 pangeran dan 10 menteri dengan menggunakan tujuh pesawat. Rencananya, Raja Salman akan menghabiskan waktu liburan di Bali hingga tanggal 9 Maret 2017.

Saat ini, 396 ton barang-barang milik rombongan Raja Salman diangkut melalui Bandara Ngurah Rai, termasuk mobil pribadi yang akan digunakan selama ada di Bali dan eskalator khusus yang difungsikan sebagai tangga turun pesawat.

 

Kompas TV Selain Jakarta, Raja Salman dan rombongan juga akan berlibur ke Pulau Dewata Bali. Rombongan Raja Arab Saudi ini bahkan telah menyewa ratusan mobil.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com