Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Kongres Lansia, Ridwan Kamil Terharu

Kompas.com - 25/02/2017, 15:24 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membuka kongres lansia di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Sabtu (25/2/2017) siang. Ridwan mengatakan, ada perasaan haru saat dia berdiri di hadapan warga Bandung yang berusia lanjut tersebut.

Sebab, kegiatan itu menjadi momentum awal Pemerintah Kota Bandung memberikan perhatian lebih terhadap lansia menyusul terbentuknya Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Anak dan Perempuan. Dinas itu memiliki tugas khusus memberdayakan dan melindungi lansia.

"Alhamdulillah saya sangat terharu aspirasi dari lansia Bandung ini luar biasa, sebuah kehormatan didatangi mantan Gubernur Jabar Pak Nuryana, ada Ibu Popong juga, hari ini temanya mendengarkan aspirasi," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dalam kongres itu, ada sekitar 10 aspirasi yang disampaikan sejumlah organisasi lansia kepada Pemerintah Kota Bandung. Masukan itu nantinya akan menjadi landasan Pemkot Bandung untuk merancang program pemberdayaan dan perlindungan lansia.

"Ada 10 area aspirasi yang nanti akan kami terjemahkan secepatnya menjadi program, ada bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, inklusi sosial dan lain-lain," ucap dia.

Emil menjelaskan, sebelum ada bidang khusus untuk mengurus lansia, dia kesulitan memberikan porsi bantuan dari pemerintah.

"Sekarang dengan adanya bidang itu saya punya kewajiban mendanai bidang itu. Nah terus kerjanya kan harus nanya ke orang terdampak (lansia) sehingga kami bikin kongres lansia. Sehingga uang rupiah yang dibelanjakan sesuai dengan mereka mau, bukan (hanya) keinginan kami," ungkap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com