Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jatim, Demokrat Setor 3 Nama ke SBY

Kompas.com - 24/02/2017, 18:01 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo pekan depan akan menyetorkan tiga nama calon gubernur Jawa Timur ke Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Nama-nama itu adalah nama calon gubernur yang dinilai memiliki potensi untuk menang di pilkada Jawa Timur tahun depan.

Usai pilkada DKI lalu, Gubernur Jawa Timur itu mengaku sudah bertemu SBY untuk berkonsultasi terkait pilkada Jawa Timur.

"Saya diminta laporan gambaran politik pilgub Jatim, dan menyetorkan tiga nama," kata Soekarwo, Jumat (24/2/2017).

Namun dia menolak menyebut siapa tiga nama yang dimaksud.

Meski menyodorkan tiga nama cagub Jawa Timur, proses penjaringan nama cagub di Partai Demokrat Jawa Timur tetap digelar pada Juni mendatang.

"Hasil finalnya nanti September," ucapnya.

Sempat beredar kabar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan dipasang di Pilgub Jawa Timur, namun Soekarwo mengatakan tidak ada nama AHY di cagub Jawa Timur.

"Yang muncul kan sudah ada seperti Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim)," kata dia.

Selain dua nama itu, sejumlah nama juga disebut-sebut masuk bursa cagub dan cawagub Jatim meski mereka belum memberi jawaban pasti, seperti Khofifah Indar Parawansah (Mensos), Tri Rismaharini (Wali kota Surabaya), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Emil Elistyantob Dardak (Bupati Trenggalek), dan Hasan Aminudin (Fraksi partai Nasdem DPR RI). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com