Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Resmikan Klinik Apung Said Tuhuleley di Ambon

Kompas.com - 24/02/2017, 12:24 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Seusai membuka sidang tanwir Muhammadiyah di Gedung Islamic Centre Ambon, Presiden Joko Widodo langsung meresmikan klinik apung Said Tuhuleley yang berlabuh tepat di belakang gedung tersebut atau tidak jauh dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Jumat (24/2/2017) siang.

Peresmian klinik apung Said Tuhuleley dilakukan Presiden dengan menekan tombol sirine yang disediakan tak jauh dari kapal tersebut.

Presiden Jokowi didampingi Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

Usai membunyikan tombol sirine, Presiden kemudian menandatangani peresmian beroperasinya klinik apung tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Buka Tanwir Muhammadiyah di Ambon

Selanjutnya Presiden bersama rombongan meninjau kapal tersebut.

Klinik apung Said Tuhuleley merupakan fasilitas kesehatan yang dibangun dengan basis kapal yacht berdiameter 15,5x3,5x 5 meter berbahan dasar fiberglass dengan berat 8 ton.

Kapal ini dibangun di galangan Young Marine selama empat bulan dengan biaya Rp 2 miliar.

Klinik apung ini diharapkan akan dapat menjawab kebutuhan akan layanan kesehatan masyarakat yang ada di pulau-pulau di wilayah Maluku.

“Bantuan klinik apung ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat di daerah ini yang terdiri dari pulau-pulau. Kami berharap dengan keberadaan kapal ini akan mampu menjawab masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat di kepulauan terpencil,” ujar Haedar Nashir seusai peresmian klinik apung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com