Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

131.000 Orang Membaca Serentak di Bengkulu Selatan Pecahkan Rekor Muri

Kompas.com - 23/02/2017, 08:31 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak 131.000 orang menggelar acara membaca secara serentak di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Kegiatan yang berlangsung di pusat Kota Kabupaten Bengkulu Selatan ini juga memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan peserta membaca terbanyak di Indonesia, Kamis (23/2/2017).

Membaca serentak tersebut digagas Pemkab Bengkulu Selatan bekerja sama dengan Muri. Adapun peserta yang mengikuti acara membaca massal itu terdiri dari pelajar, PNS, dan masyarakat umum.

"Ini merupakan cara untuk menggalakkan minat membaca warga Bengkulu Selatan, sekaligus Hari Ulang Tahun Kabupaten Bengkulu Selatan ke-68," kata Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud.

Acara membaca serentak tersebut berlangsung selama 30 menit, disaksikan oleh tim penilai dari Muri.

Senior Manajer Rekor Muri, Awan Rahargo mengungkapkan, jumlah 131.000 tersebut sudah diverifikasi.

"Rekor Muri yang dicatat ini dengan kategori pendidikan bukan semata pengukuhan, tetapi hasta karya menggelorakan minat baca, ini layak diapresiasi," kata Awan.

Sebelumnya kegiatan serupa pernah dilakukan di Jawa Timur dengan jumlah peserta 80.000 orang, tepatnya di Kabupaten Sidarjo.

Bupati Seluma Dirwan Mahmud menyebutkan target acara ini adalah bukan semata-mata untuk memecahkan rekor Muri, tetapi juga mengubah perilaku masyarakat agar suka membaca.

Setelah pemecahan rekor Muri ini, kata Bupati, Kabupaten Bengkulu Selatan akan membangun perpustakaan termegah. Selain itu di tingkat desa akan disediakan perpustakaan yang terkoneksi dengan para petani, sehingga mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari membaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com