Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Rekapitulasi Suara di Aceh Barat, Calon Petahana Kalah

Kompas.com - 22/02/2017, 20:23 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Meski sempat adanya protes untuk penundaan jadwal rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten dari tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut satu, Teuku Alaidinsyah dan Kamaruddin, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pilkada Aceh 2017.

“Alhamdulillah, rekapitulasi suara tingkat Kabupaten telah selesai kita laksanakan sesuai dengan yang kita harapkan, walaupun tadi ada sempat terjadi protes dari tim sukses pasangan calon nomor urut satu,” kata Bahagia Idris, Ketua KIP Aceh Barat, Rabu (22/2/17).

Dari hasil rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten yang dilaksanakan KIP Kabupaten Aceh Barat menunjukkan, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ramli MS dan Banta Puteh Syam unggul atas calon petahana, Teuku Alaidinsyah dan Kamaruddin.

“Dari hasil rekapitulasi KIP, Ramli MS dan Banta Puteh Syam nomor urut dua unggul memperoleh suara sebanyak 52.538 suara, kemudian disusul Teuku Alaidinsyah dan kamaruddin nomor urut satu sebanyak 48.201 dan Fuad Hadi dan Muhammad Arief nomor urut tiga mendapat 4.215 suara. jumlah itu dari total suara masuk 104.954 ,” katanya.

KIP Kabupaten Aceh Barat akan mengumumkan hasilnya secara resmi pada tanggal 8 Maret 2017 mendatang.

“Setelah selesai kami lakukan rekapitulasi, tinggal menunggu gugatan atau protes dari pihak lain samapai awal Maret mendatang. Kalau tidak ada gugatan, tanggal 8 Maret, kami umumkan,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com