Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Putus karena Longsor, Siswa di Kuningan Jalan Kaki ke Sekolah

Kompas.com - 20/02/2017, 11:06 WIB
Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

KUNINGAN, KOMPAS.com – Jalur nasional di Kabupaten Kuningan putus akibat tergerus longsor. Tiga hari bukan waktu yang cukup untuk memperbaiki longsor sepanjang 25 meter dengan kedalaman sekitar 25 meter.

Namun, semangat ratusan pelajar untuk pergi ke sekolah untuk melewati jalur itu tak pernah surut.

Pagi ini, Senin (20/2/2017), agak sedikit berbeda dengan hari biasanya. Ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SMA berjalan kaki menuju sekolah mereka dengan melewati jalur itu.

Biasanya, mereka biasa menaiki kendaraan pribadi roda dua dan empat ataupun angkutan umum untuk pergi ke sekolah.

Baca juga: Kuningan Diterjang Banjir Bandang, Jalur Nasional Menuju Ciamis Putus

Mereka sudah berbaris melintasi jembatan darurat yang terbuat dari bambu sepanjang tiga meter sebagai penghubungan jalan yang putus. Jembatan itu dilengkapi tali di kedua sisi untuk pegangan tangan. 

Hanya dengan sarana sederhana yang dibuat warga ini, para pelajar dapat menyeberang jalur nasional yang putus dan terbelah karena tergerus longsor Jumat lalu.

Mereka harus ekstra hati-hati saat menyeberang jembatan darurat itu karena sangat licin. Ada sejumlah pelajar terpeleset dan nyaris jatuh. Namun akhirnya bisa selamat.

Ahmad Pamungkas, pelajar asal Desa Kawah Manuk, melintasi jembatan ini untuk dapat pergi ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Darma. Dia pergi bersama teman-teman sekampungnya yang berbeda sekolah.

“Karena sudah kewajiban, ya terpaksa saja lewat jembatan ini. Biasanya mudah, tapi jadi agak susah, waktunya tersita untuk jalan dulu. Biasanya 10 menit sampai sekolah, sekarang 15 menit saja untuk jalan,” ungkapnya.

Pamungkas mengaku, Sabtu lalu, sehari pasca longsor, dia naik kendaraan lewat jalur alternatif. Melintasi jalan itu justru lebih jauh dan jalan terjal.

Setelah jembatan darurat dibangun, dia bersama teman lainnya pun memilih lewat jembatan itu.

Selain ke MTs Negeri Darma, jalan yang terkena longsor itu juga merupakan akses menuju SMK Jagara, SMA Negeri Kadu Gede, SMA Negeri 1 Darma, MTs Arrasid, dan sekolah lainnya.

Para pelajar berharap jalur nasional segera diperbaiki dan kembali dapat dilintasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com