Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Papua Kondusif Selama Pencoblosan

Kompas.com - 15/02/2017, 19:38 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, situasi keamanan di wilayah hukum Polda Papua selama pemungutan suara dalam keadaan baik.

"Hingga saat ini kondisi kamtibmas di Papua aman dan terkendali walaupun ada beberapa kejadian yang terjadi namun tidak meluas," kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw seusai melakukan kunjungan kerja kedua kabupaten yang masuk kategori rawan di Jayapura, Rabu (15/2/2017).

Dua kabupaten yang masuk kategori rawan yaitu Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Lanny Jaya.

Paulus mengatakan, hal itu menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat. Kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan hingga saat pengumuman pemenang pasangan calon dan bila tidak puas dapat melakukannya melalui jalur hukum.

"Mudah-mudahan kondisi seperti ini dapat terus terjaga," ucap dia.

Dia mengakui, ada beberapa insiden yang terjadi selama pencoblosan, di antaranya aksi membawa lari surat suara di Kabupaten Puncak Jaya.

Selain itu penundaan atau pemungutan suara susulan di Kabupaten Tolikara serta penangkapan pelaku politik uang  di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Mappi.

"Khusus kasus politik uang saat ini ditangani sentra gakumdu Polres Jayapura dan Polres Mappi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com