Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Saber Pungli OTT 3 PNS Disdukcapil Cirebon

Kompas.com - 14/02/2017, 20:16 WIB
Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com – Tim satuan petugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Cirebon Jawa Barat mengamankan lima orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cirebon, Selasa (14/2/2017).

Ketua Tim Kelompok Kerja Penindakan Saber Pungli, AKP Joni, menyebutkan, dalam OTT tersebut, petugas membawa sejumlah berkas yang berisi antara lain, data-data, akta kelahiran, dan akta kematian.

Pihaknya juga membawa lima orang, tiga sebagai PNS antara lain S, NAR, AS, satu orang honorer yakni EV, dan satu Kepala Dusun Desa Tangkil dengan inisial, TD.

“Modus para pelaku ini, mereka menerima uang untuk mempercepat proses akta kelahiran dan kematian. Ada juga yang sifatnya kolektif tanpa antrian, langsung masuk staf. Satu akta rata-rata Rp 50.000 padahal tidak ada tarif. Total uang tersebut sebanyak sekitar Rp 900.000,” ujar Joni di kantor polisi.

Dia menyebutkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan. Ada beberapa kemungkinan penanganan kasus dengan kategori tindakan pungli, tindakan tipikor, atau lainnya.

“Sementara, sejumlah ruang kita sterilkan, dan akan kita dalami dan periksa ulang,” kata Joni.

Sebelumnya sejumlah anggota Satgas Saber Pungli melakukan pemeriksaan pada dua buah mobil yang diparkirkan di halaman samping kantor Disdukcapil.

Petugas tidak menemukan banyak barang bukti, kecuali sejumlah berkas dari dalam dua mobil tersebut. Pasca pemeriksaan petugas juga membawa sejumlah tumpukan berkas, yang kemudian dimasukan ke dalam mobil milik polisi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Mochamad Syafrudin, menyampaikan, satgas saber pungli melakukan pemeriksaan terkait pelayanan yang diberikan pada masyarakat. Syafrudin mengaku tidak dapat memberikan banyak keterangan karena masih dalam pemeriksaan.

“Tim Saber Pungli datang dan mereka melakukan pendalaman terkait pelayanan. Kita tunggu saja hasilnya. Kami berharap tidak ada penyimpangan terhadap pelaksaaan pelayanan kedinasan. Karena selama ini kami berusaha melakukan tugas sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.

Selain membawa berkas, tim satgas saber pungli juga memasang garis polisi pada sejumlah ruang kerja antara lain, ruang data, ruang kepala seksi, kepala bidang, dan juga kepala dinas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com