Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Rekrut 350 Linmas untuk Bantu Satpol PP

Kompas.com - 14/02/2017, 14:00 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil merekrut sekitar 350 Linmas untuk membantu kinerja petugas Satpol PP di Bandung.

Hal itu terungkap saat pria yang kerap disapa Emil ini memimpin apel bersama ratusan petugas Satpol PP dan Linmas di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (14/2/2017).

Emil berharap keberadaan linmas mampu meringkankan beban tugas Satpol PP Kota Bandung yang baru berjumlah 378 petugas.

"Mengawali semangat awal tahun untuk mengingatkan harga mati Bandung yang tertib, kondusif selama 2017. Jumlah Satpol PP yang PNS kan sedikit, maka kita tambahi dengan Linmas. Alhamdulillah Linmas dengan segala dinamikanya ada sekitar 350 orang yang disepakati dewan dengan Satpol PP untuk menjadi tugas tambahan," ungkap Emil.

Dia mengatakan, Linmas tersebut berfungsi sebagai pagar betis untuk menjaga lokasi yang telah steril agar bebas dari pedagang kaki lima secara permanen.

"Teorinya kepada Satpol PP yang sudah menertibkan dia pagar betis di situ, ikuti arahan saya. Sehingga tidak muncul, ditertibakan, hilang, datang lagi, kan riweuh tidak berkesudahan. Jadi Satpol PP itu kayak Kopasusnya dia melakukan operasi di mana-mana, dijaga oleh Linmas yang 350 itu dengan floating sehingga tidak ada lagi cerita PKL datang lagi," tuturnya.

Emil menjelaskan, jadwal tugas Satpol PP dan Linmas di Bandung cukup berat. Sebagai kota wisata dan ibu kota Provinsi Jawa Barat, Satpol PP dan Linmas harus selalu bersiaga bahkan saat akhir pekan.

"Selain kotanya sendiri tadi punya tanggung jawab sebagai ibu kota, dan wisata. Maka Sabtu-Minggu itu hari paling sibuk bukan libur, kalau mau istirahat mungkin bisa di hari Senin-Selasa. Tapi yang paling 'riweuh' itu Sabtu-Minggu," ujarnya.

Pada dasarnya, lanjut Emil, integritas aparat di lapangan bergantung pada sikap dari komandan. Sebab itu, dia pun menitip kepada pimpinan di Satpol PP agar rajin turun ke lapangan untuk memantau kinerja petugas dan menjaga kondusivitas kota.

"Maka kuncinya ada di komandan, kalau komandan tegas bawahannya tegas. Intinya kalau Bandung ingin aman ini komandan ini banyak di lapangan setiap malam harus standby. Bandung ini kota wisata, ibu kota Jawa Barat jadi tugas Satpol PP ini tugasnya lebih berat tiga kali lipat dibanding kota lain," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com