Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizieq Diperiksa Polda, Massa Gelar Doa Bersama di Masjid Pusdai

Kompas.com - 13/02/2017, 13:29 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Massa Aksi Kawal Ulama dan Pancasila berkumpul di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (13/2/2017).

Lokasi tersebut menjadi titik kumpul massa setelah para ulama melarang ada gerakan massa untuk mengawal proses pemeriksaan Rizieq Shihab ke Mapolda Jabar.

Pantauan Kompas.com, kegiatan tersebut diisi dengan tausiah, zikir, dan doa bersama. Selepas shalat zuhur, sejumlah anggota jemaah terlihat membagikan nasi bungkus dan kurma.

"Kegiatannya mendengarkan tausiah dari para guru-guru, zikir, dan doa bersama, sebagai pencerahan," kata Asep, koordinator aksi, di Masjid Pusdai.

Aksi itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Pada saat bersamaan, Rizieq datang ke Mapolda Jabar untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan lambang negara Pancasila dan pencemaran nama baik.

Asep yang menjabat sebagai Ketua Aliansi Pergerakan Islam (API) Jabar menyebutkan, para peserta aksi tidak hanya datang dari Kota Bandung. Sejumlah orang dari luar pulau pun hadir untuk mengawal proses pemeriksaan Rizieq.

"Kemungkinan akan datang banyak. Datang dari berbagai daerah, tadi sudah ada yang dari Lombok, Pontianak, Aceh," ujarnya.

Asep membenarkan bahwa sejumlah ulama mengimbau agar massa berkumpul dan menggelar doa bersama di Masjid Pusdai Bandung sebagai upaya untuk menjaga kondusivitas.

"Berdasarkan informasi dari Polda Jabar, tidak ada massa di sana. Kalau ada, tolong ditertibkan. Jangan sampai memancing mereka berbuat dengan cara masing-masing," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com