Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Trotoar, Bupati Banyuwangi Siapkan Rp 15 Miliar

Kompas.com - 10/02/2017, 14:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Pemkab Banyuwangi menganggarkan Rp 15 miliar untuk memperbaiki trotoar di wilayah perkotaan Banyuwangi. Renovasi trotoar tersebut akan dikerjakan pada trimester awal tahun 2017.

"Perbaikan yang dilakukan mulai mengganti lantai trotoar serta tinggi trotoar yang diturunkan sehingga pengguna trotoar nyaman. Untuk total anggaran Rp 15 miliar dan pengerjaan di awal tahun ini," jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2017).

Ia mengatakan, Pemkab Banyuwangi sengaja mempercantik trotoar karena trotoar merupakan salah satu infrastruktur vital yang memengaruhi penampilan kota.

"Trotoar yang rapi juga sangat berpengaruh bagi wajah kota," jelas Anas.

Secara teknis, Anas mengatakan, trotoar yang awalnya setinggi 40 cm akan direndahkan menjadi 20 cm. Selain itu, lebar yang awalnya 2 meter akan dilebarkan menjadi menjadi 3 – 4 meter.

"Pelebaran akan tidak akan memotong badan jalan, tapi memanfaatkan lahan tepian yang ada. Nanti juga dibuat lebih ramah untuk penyandang disabilitas sehingga mereka tidak kesulitan karena tinggi trotoar sudah diturunkan," tambah Anas.

Agar trotoar agar tidak cepat rusak dan awet, sebut Anas, di setiap 25 meter akan dipasang besi penutup got serta disediakan bak kontrol untuk mengangkat sampah yang tersangkut dalam drainase tersebut.

"Pohon-pohon di tepi jalan yang jaraknya dekat akan kami tertibkan dengan jarak ideal interval yang baik untuk penanaman pohon ini sekitar 3 – 4 meter," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com