Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Berharap Media Menjadi Penangkal Berita "Hoax"

Kompas.com - 10/02/2017, 08:51 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap insan pers di Indonesia agar selalu mengedepankan konfirmasi dalam setiap tugas peliputan.

“Media saya selalu minta untuk terbiasa membuat cover both side, dan konfirmasi dalam menulis berita. Dengan itu, media menjadi penangkal berita hoax,” ujar Ganjar, ketika dimintai tanggapan di hari pers nasional, Kamis (9/2/2017).

Konfirmasi atau tabayun terhadap suatu peristiwa atau informasi, kata mantan anggota DPR RI ini, menjadi syarat mutlak. Melalui konfirmasi, fakta ataupun informasi yang berkembang bisa ditulis secara berimbang, adil, sekaligus menjadi pengontrol kebijakan pemerintah.

Dia pun minta agar media massa untuk ikut memerangi berita hoax. Perang terhadap berita bohong sama artinya menjaga masyarakat dari upaya pecah belah.

"Tapi, ada (media) yang ikut menjadi pembuat atau penyebar berita hoax," tambahnya.

Terkait berita hoax, ia setuju jika Dewan Pers selektif melakukan pendaatan dan sertifikasi media. Hal demikian agar masyarakat bisa menerima informasi yang benar dan mencerdaskan dari berita yang dibuat.

"Teman-teman wartawan perlu tersertifikasi, sehingga kalau tanya suatu pertanyaan diikuti dengan riset dan pemahaman utuh agar tidak menjadi informasi keliru,” ucapnya.

Selain itu, Ganjar juga mengingatkan perusahaan media untuk mensejahterakan jurnalisnya. Ia menilai saat ini kesejahteraan jurnalis masih minim, sehingga perlu lebih ditingkatkan.

"Di tengah tuntutan masyarakat yang sangat tinggi terhadap pers, bayaran wartawan lumayan mengenaskan,” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com