Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesi Amil Zakat Akan Disertifikasi

Kompas.com - 08/02/2017, 14:20 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Forum zakat menggandeng Kementerian Agama menggelar sertifikasi untuk profesi amil zakat. Sertifikasi tersebut selain untuk mendata, juga untuk meningkatkan kapasitas amil zakat agar lebih profesional dalam bertugas.

"Untuk menjadi amil zakat yang profesional, harus ada standar kemampuan yang dimiliki oleh seorang amil agar tidak asal asalan menyalurkan zakat," kata Ketua Forum Zakat, Nur Effendy, saat Konferensi Zakat Nasional di Surabaya, Rabu (8/2/2017).

Sertifikasi amil zakat, lanjut dia, akan melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah dengan 22 assesor. Secara nasional, catatan forum zakat ada sekitar 6000 amil zakat dari 250 lembaga amil zakat yang siap disertifikasi.

"Pertengahan Februari mungkin pedoman sertifikasi sudah rampung dan mulai akan dilakukan proses sertifikasi," ucapnya.

Kementerian Agama mencatat, potensi zakat secara nasional mencapai Rp 217 triliun, namun yang berhasil dihimpun oleh badan amil dan lembaga penghimpun zakat masih sekitar Rp 5 triliun pada 2016.

Karena itu, pemerintah berharap, lembaga amil zakat dan badan amil zakat bersinergi menghimpun zakat dari masyarakat untuk disalurkan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

"Masing-masing badan dan lembaga harus punya wilayah garap sendiri dan itu untuk mengentas 92 juta penduduk miskin di Indonesia," kata Direktur Zakat Kementerian Agama, Tarmizi Tohor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com