Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Bermusuhan, Kini Prabowo Dukung Eks Panglima GAM di Pilkada Aceh

Kompas.com - 03/02/2017, 05:52 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Jenderal purnawirawan TNI dan Polri hadir dalam kampanye akbar calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, Muzakir Manaf dan TA Khalid, di lapangan sepak bola Simpang Empat, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Kamis (2/2/2017).

Para jenderal itu adalah Prabowo Subianto, Jalil Yusuf, dan Hendrawan. Dalam orasi politiknya, Prabowo selaku Ketua Umum Partai Gerindra mengajak seluruh warga Aceh memilih calon yang didukung Partai Aceh tersebut.

Ia menilai bahwa Muzakir-Khalid mampu memimpin Aceh yang lebih baik dari sebelumnya.

"Saya harap bapak-ibu untuk memilih Muzakir Manaf menjadi Gubernur Aceh mendatang karena Muzakir sangat tepat untuk pimpinan Aceh di masa mendatang," kata Prabowo.

Mantan Danjen Kopassus itu mengisahkan bahwa ia pernah berseberangan dengan Muzakir yang merupakan eks Panglima Gerakan Aceh Merdeka saat konflik Aceh di masa lalu.

Kini Muzakir menjabat sebagai Wakil Gubernur Aceh dan mereka bersahabat serta saling mendukung.

"Ini menjadi contoh bahkan di belahan dunia mana pun belum pernah terjadi karena dua orang panglima yang sebelumnya saling bermusuhan kini menjadi sahabat dan saling mendukung untuk membangun Aceh," kata Prabowo.

Selain dihadiri oleh empat purnawirawan TNI dan Polri, sejumlah tokoh nasional juga terlihat hadir dalam kampanye akbar tersebut, di antaranya adalah Presiden PKS Sohibul Iman, anggota DPR RI Nasir Jamil, para petinggi Partai Aceh, serta sejumlah petinggi partai pendukung calon tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com