Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Mahasiswa yang Diperiksa Polisi adalah Panitia Diksar Mapala UII

Kompas.com - 31/01/2017, 15:56 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Sebanyak 16 panitia Diksar The Great Camping (TGC) Mapala Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta diperiksa di Mapolres Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (31/1/2017) pagi.

Para saksi diperiksa terkait kasus meninggalnya tiga mahasiswa peserta TGC di Dusun Tlogodringo, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Dua tersangka dari panitia sudah diamankan pihak kepolisian.

Ke-16 mahasiswa tiba di Mapolres Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa pagi, bersama sejumlah dosen dan Rektor UII, Harsoyo.

Kedatangan 16 mahasiswa tersebut sebagai saksi kasus meninggalnya tiga mahasiswa peserta Diksar TGC di lereng Gunung Lawu beberapa waktu lalu.

Polisi melakukan penyelidikan kasus tersebut karena diduga ada unsur kekerasan dan penganiyaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Menurut Kompol Prawoko, Wakapolres Karanganyar, para mahasiswa tersebut datang sebagai saksi karena mereka juga menjadi panitia acara TGC tersebut. Polisi pun masih belum memberikan kemungkinan penambahan tersangka dalam kasus tersebut.

"Hari ini ada 16 saksi yang diperiksa dan semuanya terlibat dalam kepanitiaan penyelenggaraan Diksar. Belum tahu juga apakah akan ada penambahan tersangka atau tidak," kata Kompol Prawoko, Selasa (31/1/2017).

Sementara itu, Rektor UII Harsoyo, juga turut mendampingi 16 mahasiswanya ke Polres Karanganyar. Harsoyo menegaskan bahwa peristiwa tersebut adalah musibah bagi Mapala UII.

"Ini adalah musibah bagi Mapala UII. Sebetulnya prestasinya juga luar biasa. Ini musibah, dan selama dibekukan bisa mengevaluasi diri," kata Harsoyo.

Dia juga menjelaskan bahwa tidak ada intervensi kampus terkait kasus meninggalnya tiga mahasiswa.

"Kedatangan ke Polres Karanganyar adalah sebagai bentuk tanggung jawab dan menyerahkaan kepada pihak berwenang terkait proses hukum," kata Harsoyo.

(Baca juga: Rektor UII Antarkan 16 Mahasiswa ke Mapolres Karanganyar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com