Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Bubode Gorontalo Jebol, 200 Hektar Lahan Padi Terancam Gagal Panen

Kompas.com - 28/01/2017, 15:57 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Lebih dari 200 hektar tanaman pagi terancam gagal panen akibat Bendungan Bubode jebol diterjang banjir 2 hari lalu.

Bendungan Bubode ini adalah satu-satunya penyedia air bagi ratusan hektar sawah di 2 desa di Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo.

Selain itu sebuah rumah warga juga terancam ambruk ke badan sungai akibat bantaran sungai di bendungan ini tergerus aliran air. Keluarga yang menempati rumah ini akan direlokasi yang tempat yang aman.

“Lebih dari 200 hektar Padi terancam gagal panen karena tidak bisa dipasok air,” kata Nurdin Humolungo, Kepala bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (28/1/2017).

Hancurnya jembatan yang dibangun tahun 1973 ini juga mengancam 2 desa yang berada di hilirnya. Jika hujan lebat kembali datang, diprediksi akan menggenangi pemukiman warga dan ratusan hektar sawah dan kebun warga.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat melihat langsung kondisi jebolnya bendungan ini memperkirakan pembangunan kembali jembatan ini membutuhkan anggaran sekitar Rp3-4 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com