Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penyu Hijau Dilepasliarkan di Gorontalo

Kompas.com - 27/01/2017, 17:07 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Gorontalo dan Polres Boalemo melepas 2 ekor penyu hijau (Cheloniamydas) di Pantai Bolihutuo, Jumat (27/1/2017).

Penyu tersebut merupakan hasil sitaan Polres Boalemo saat menggelar operasi lalu lintas 2 pekan lalu. Satwa dilindungi ini ditemukan polisi dari sebuah mobil box milik masyarakat tanpa disertai dokumen.

“Setelah penyitaan penyu ini Polres Boalemo melakukan koordinasi dengan KSDA untuk penanganan selanjutnya,” kata Kepala Balai KSDA Gorontalo, Syamsuddin Hadju.

Dua penyu tersebut memiliki berat masing-masing 25 dan 30 kg, keduanya sempat dititipkan di instalasi perikanan Boalemo.

“Diperkirakan berumur 9 tahun,” ujar Syamsuddin Hadju.

Penyu hijau merupakat satwa pengelana samudera yang banyak ditemukan di perairan tropis. Penyu ini pemakan tumbuhan (herbivora), terutama lamun dan alga.

Ancaman terbesar penyu ini adalah perburuan telur oleh masyarakat dan pengambilan kerapasnya. Sering juga tertangkap nelayan secara tidak sengaja karena tersangkut jaring. Selain itu, rusaknya habitat menjadi penyumbang terbesar merosotnya populasi penyu hijau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com