Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Kalau Tidak Suka Ikan, Anak Harus Dipaksa

Kompas.com - 25/01/2017, 18:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengingatkan kepada para ibu untuk menjaga gizi anak-anaknya sejak dalam kandungan. Saat kecil dia meminta para ibu banyak memberi anaknya menu ikan-ikanan.

"Saat kecil harus banyak makan ikan. Kalau tidak suka, anak harus dipaksa, karena protein ikan baik untuk kebutuhan gizi anak-anak," katanya pada acara Gebyar 1.000 Hari Pertama Kehidupan di Balai Pemuda Surabaya, Rabu (25/1/2017).

Jika anak kekurangan asupan gizi sejak awal pertumbuhan, kata Risma, akan berpengaruh terhadap perkembangan kognitif sehingga akan memengaruhi keberhasilan pendidikan, serta menurunkan produktivitas pada usia dewasa.

Risma memberikan contoh orang Korea Selatan yang sekarang berpostur tinggi. Menurut dia, hal ini karena mulai dari kandungan hingga bayi, mereka diberi asupan makanan ikan laut.

Oleh karena itu, dia meminta kepada kepala Dinas Kesehatan agar gencar melakukan sosialisasi konsumsi ikan sejak mulai jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD).

Kebiasaan makan ikan, kata Risma, mulai tahun ini akan disajikan untuk konsumsi pendidikan anak usia dini (PAUD). "Kalau berhasil, nanti juga akan saya terapkan di sekolah dasar kelas 1 dan kelas 2," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com