Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik 10 Makam Wanita Jepang di Kompleks Pemakaman Belanda

Kompas.com - 21/01/2017, 14:57 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Di Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, terdapat pemakaman khusus orang-orang Belanda (kerkhof). Dari sekian banyak nisan bernama Belanda, yang menarik adalah keberadaan 10 makam perempuan Jepang.

Pada zaman sebelum kemerdekaan RI, orang-orang Belanda adalah warga kelas satu yang sangat dihormati. Masuknya wanita Jepang dalam kelompok sosial tertinggi kala itu tentu menjadi tanda tanya.

Sejarawan Pangkal Pinang, Akhmad Elvian, menjelaskan terkait hal tersebut. Menurut dia, berdasarkan catatan arsip, secara garis besar diketahui wanita-wanita Jepang yang datang ke Tanah Air pada abad ke-19 Masehi merupakan para pekerja tempat hiburan.

Akhmad mengatakan, para wanita Jepang itu pada umumnya didatangkan dari daerah bagian selatan Jepang yang merupakan daerah miskin dengan kondisi alam yang keras.

Daerah itu cenderung mengandalkan hasil laut dan nyaris tak tak bisa digunakan untuk bercocok tanam.

"Kondisi demikian membuat warga bagian selatan Jepang banyak yang pergi merantau, termasuk para wanitanya yang tiba hingga ke Tanah Air,” kata Akhmad kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2017).

Sejumlah sumber menyebutkan, kehadiran wanita Jepang selain sebagai pekerja hiburan juga berperan sebagai mata-mata pemerintah Jepang dalam rangka persiapan membangun kekuatan Asia Timur Raya.

Kisah soal spionase ini diperkuat penelusuran Kompas.com pada buku berjudul "Penetrasi Lewat Laut: Kapal - kapal Jepang di Indonesia Sebelum 1942".

heru dahnur/kompas.com Plang nama makam warisan Belanda atau Kerkhof di Kota Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung
Buku yang diterbitkan di Yogyakarta tahun 2011 ini ditulis oleh sejarawan Universitas Andalas, Prof Gusti Asnan.

Nah, saat berada di Tanah Air, wanita–wanita Jepang ini berhasil memikat hati para pejabat Belanda kala itu.

Mereka kemudian diperistri sehingga secara otomatis masuk dalam kelas warga Eropa. Sampai akhir hayat, kemudian dikuburkan di kerkhof.

"Setelah Indonesia merdeka, keturunan mereka ada yang pergi ke Eropa atau kembali ke Jepang. Beberapa di antaranya ada yang datang ke sini untuk melihat makam leluhur mereka," kata Akhmad, yang menulis buku berjudul "Kampoeng di Bangka".

Tulisan makam rusak

heru dahnur/kompas.com Salah satu nisan makam wanita jepang di Kerkhof Kota Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung
Dari 10 makam wanita Jepang yang sudah diidentifikasi, hanya delapan yang bisa diketahui namanya. Mereka yakni, Horie Kata, Matsumoto Sikino, Nagase Tanayo, Miyazaki Chiku, Kaminikoni Mizue, Hamazaki Hana, Miyazaki Sei, dan Y Yagura. Sisa dua makam belum diketahui namanya karena kondisi tulisan yang tidak bisa lagi dibaca.

Tempat buang sampah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com