Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obesitas, Tujuh Beruang Madu di Kebun Binatang Surabaya Jalani Diet

Kompas.com - 19/01/2017, 18:08 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tujuh ekor beruang madu penghuni Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjalani program diet sejak dua pekan terakhir hingga enam bulan ke depan karena mengalami obesitas.

Selain mengajak lebih banyak bergerak untuk membakar timbunan lemak, petugas juga mengubah pola makan ketujuh beruang dewasa dari 15 koleksi KBS itu.

"Jika sebelumnya menu makanan beruang nasi dan jagung setiap pagi dan sore, kini dirubah menjadi buah-buahan dan sayuran," kata Kepala Nutrisi dan karantina, Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS, dr Rachmat, Kamis (19/1/2017).

Dia mengatakan, berat badan ketujuh beruang itu rata-rata di atas 80 kilogram. Targetnya, berat badan turun 10 persen.

"Berat badan beruang madu yang ideal maksimal 65 kilogram, tinggi punggungnya 70 sentimeter, dan tinggi tubuhnya 1,40 meter," tutur Rachmat.

Selanjutnya, dia mengimbau para pengunjung KBS tidak memberikan makanan apa pun kepada satwa, khususnya beruang. Karena menurut dia, gizi yang ada dalam makanan tersebut belum tentu cocok untuk kebutuhan satwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com