Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Aceh, Sarana Kesehatan di Pidie Direhabilitasi pada April

Kompas.com - 19/01/2017, 10:23 WIB
Masriadi

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com – Rehabilitasi kerusakan gedung layanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pusat Kesehatan Pembantu (Pustu) dan Pos Kesehatan Desa ( Poskesdes) paska gempa melanda Pidie Jaya, akan dimulai pada April 2017 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Pidie Jaya, Said Abdullah, Kamis (19/1/2017) menyebutkan, seluruh gedung Puskesmas di Pidie Jaya mengalami kerusakan ringan. “Misalnya dindingnya retak,” kata Said.

Sementara 10 unit Pustu dan 2 unit Poskesdes dinyatakan rusak parah. Meski begitu, sambung Said, saat ini pelayanan kesehatan sudah mulai pulih.”Sebagian relawan, tim medis dari berbagai lembaga juga masih membantu penanganan warga yang berobat ke Puskesmas,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rehabilitasi paska gempa seluruhnya menggunakan dana yang ditanggung oleh pemerintah pusat.

“Semua dana rehab sarana kesehatan yang rusak termasuk rumah sakit, masuk dalam dana rehab dan rekon gempa Pidie Jaya. Kita harap, April nanti bisa mulai direhab, sehingga tidak ada kekahwatiran lagi terhadap kualitas gedung yang retak-retak paska gempa,” kata Said.

Seperti diberitakan sebelumnya gempa yang terjadi 7 Desember 2017 magnitudo 6,5 itu menewaskan 105 orang, puluhan ribu pengungsi dan ribuan banguan roboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com