Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Saya Sedang Menikmati "Beberes" Bandung

Kompas.com - 17/01/2017, 13:33 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil enggan menanggapi peluangnya untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang berdasarkan hasil survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) yang menyatakan peluangnya besar untuk menjadi orang nomor satu di Jabar.

Pria yang kerap disapa Emil itu menegaskan, saat dia tengah menikmati proses membereskan ragam masalah di tanah kelahirannya. Dia mengaku, selama ini tak terbesit ada ambisi untuk menduduki kursi Jabar 1.

"Saya sedang menikmati beberes Bandung. Kalau berambisi banget, pasti akan berupaya semaksimal mungkin. Saya udah berupaya belum? Belum kan, karena tidak seambisi itu," ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (17/1/2017).

Emil tak menyangkal bahwa banyak pihak yang mendukungnya untuk maju di Pilkada Jabar. Namun, tak sedikit pula warga Bandung yang memintanya bertahan di Bandung.

"Karena PR di Bandung juga masih banyak, aspirasi warga juga yang minta saya tetap di Bandung banyak. Aspirasi keluarga saya juga ingin balik lagi jadi arsitek juga makin naik," ungkapnya.

Emil menjelaskan, kendati mendapat banyak dukungan, dia merasa tak pernah membangun citra selain dengan hasil karyanya membereskan Kota Bandung.

"Karena saya percaya demokrasi hari ini, bukan demokrasi jualan pencitraan, sudah lewat tapi jualan karya. Semakin banyak karya, itulah si pencitraannya. Bukan digoreng seolah-olah ini itu," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com