Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Bus Berpenumpang Mahasiswa Unsyiah Terperosok ke Jurang

Kompas.com - 16/01/2017, 05:40 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TAKENGON, KOMPAS.com - Jalur Enang-enang yang terdapat di Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah, Aceh, dikenal cukup ekstrem bagi pengendara dengan tujuan Bireuen Bener Meriah maupun sebaliknya, sehingga di lokasi tersebut kerap terjadi berbagai kecelakaan.

Sebuah bus milik Universitas Syiah Kuala terperosok ke dalam jurang yang di pinggiran jalan tersebut, Minggu (15/1/2017) sore sekitar Pukul 16.00 WIB. Akibatnya, 11 mahasiswa luka berat dan tiga orang mengalami luka ringan, sementara penumpang lain hanya mengalami lecet dan sudah diperkenankan untuk pulang.

Dihubungi via telepon selulernya, Kapolres Bener Meriah, AKBP Deden Somantri S IK mengatakan, para mahasiswa tersebut sudah berada di Kabupaten Aceh Tengah sejak Jumat lalu.

Mereka berkunjung ke daerah yang berhawa sejuk itu untuk berwisata. Namun saat perjalanan pulang ke Banda Aceh, bus yang mereka tumpangi tersebut terperosok ke dalam jurang dengan kedalaman kurang lebih 30 meter.

Berdasarkan pengakuan pengemudi sebut dia, kecelakaan tunggal tersebut karena mobil bus mengalami rem blong.

"Dari informasi sementara, penumpangnya ada 29, 27 orang mahasiswa, supir satu, kernet satu, sebelas terluka parah, tiga orang luka ringan, yang lain sudah pulang dijemput keluarganya," kata Deden.

Ia menyebutkan, petugas kepolisian sedang menyelidiki peristiwa tersebut lebih lanjut. Sementara para korban lebih memilih mendapatkan perawatan di Kabupaten Bireuen.

"Mereka dirawat di Bireuen, karena lebih dekat ke Banda Aceh, meski demikian Polres Bener Meriah tetap melakukan penyelidikan. Tetapi yang jelas mereka laka tunggal," ucap Deden.

Deden mengatakan, bus diamankan di Mapolres setempat, sementara supir dan kernet juga belum diperiksa karena sedang mengalami pengobatan di Kabupaten Bireuen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com