Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamalan Pancasila Jadi Syarat Kenaikan Jabatan ASN di Purwakarta

Kompas.com - 11/01/2017, 21:44 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mendapatkan syarat tambahan untuk naik jenjang. Yakni pengamalan Pancasila.

"Ada semacam sertifikat dari Institut Pancasila sebagai salah satu syarat kenaikan jenjang," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat dihubungi, Rabu (11/1/2017).

Dedi mengatakan, sertifikat tersebut tidak diperoleh dari penataran seperti P4. Namun lebih ke pengamalan nilai-nilai Pancasila secara aplikatif.

Misalnya, salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di Purwakarta berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk warga. Atau berhasil mengefisiensi keuangan, menciptakan sesuatu hal yang memberikan multiplier effect positif untuk warga, OPD tersebut akan mendapatkan sertifikat.

Begitupun di tingkat desa hingga RT dan RW. Desa yang berhasil memberikan pelayanan terbaik, mengelola sumber daya alam, dan lainnya akan mendapat sertifikat dari Institut Pancasila.

"Nanti yang merumuskan dan metodologinya ada di Institut Pancasila," terangnya.

Jadi, sambung Dedi, nilai-nilai Pancasila yang digelorakan Purwakarta bukan hanya sebatas ideologi. Melainkan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya meluncurkan Institut Pancasila, hari ini, Rabu (11/1/2017).

Lewat peluncuran institut tersebut, ia berharap Pancasila dipahami melalui pendekatan kebudayaan dan kearifan lokal. Karena Purwakarta sangat kental dengan nilai kesundaan.

Yudi Latief, salah satu cendikian muda Indonesia mengatakan, Pancasila bukan hanya hapalan tetapi laku hidup anak bangsa. Pancasila harus menumbuhkan nilai kasih sayang bagi sesama manusia, menghargai setiap perbedaan yang ada di indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com