Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bulan Koma, TKW Asal Banyuwangi Meninggal Dunia Saat Pulang ke Rumah

Kompas.com - 10/01/2017, 14:25 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Desi Ika Safitri (27), tenaga kerja wanita asal Kebun Kalirejo Kecamatan Glenmore, yang koma karena kecelakaan di Taiwan, 25 Juni 2016, meninggal dunia pada Selasa (10/1/2017) sekitar pukul 04.00 WIB.

Sebelumnya, selama hampir dua bulan, Desi sempat dirawat di ruang ICU RSUD Blambangan sejak dipulangkan ke Indonesia oleh BNP2TKI, Rabu (16/11/2016).

Uut Rochimatin, perwakilan Migran Care Banyuwangi, menjelaskan, pada hari Senin (9/1/2016), Desi Ika diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit ke rumahnya yang berada di Kecamatan Glenmore dan bisa rawat jalan di puskesmas terdekat.

"Sekitar jam 2 siang sampai di rumah dan jam 7 malam Mbak Desi Ika kejang. Panasnya juga tinggi dan wajahnya memerah lalu dibawa ke Puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit terdekat. Dan tadi pagi sekitar jam 4 meninggal dunia di rumah sakit," ungkap Uut saat dihubungi, Selasa siang.

Desi dirawat di RSUD Blambangan Banyuwangi sejak bulan November 2016. Menurut Uut, saat dirawat kondisi Desi Ika membaik dan bisa merespon panggilan dari dokter dan keluarga.

"Kalau berkomunikasi normal tidak bisa tapi ada kemajuan kalau dipanggil namanya ada respon.Beberapa alat bantuannya juga sudah di lepas," ucapnya.

Sementara itu, Taufik Hidayat, Kepala RSUD Blambangan, menjelaskan, setelah seminggu dirawat di Banyuwangi, kondisi Desi sudah mulai membaik. Alat bantu pernafasan selama di Taiwan juga sudah dilepas.

Menurut dia, saat di Taiwan, Desi sempat operasi tempurung kepala karena kemungkinan kondisi tempurungnya sudah hancur. Untuk pembiayaan selama di RSUD Blambangan, keluarga Desi sudah mengurus BPJS Kesehatan sebelum Desi dipulangkan ke Banyuwangi. 

(Baca juga: Kecelakaan di Taiwan, TKW Asal Banyuwangi Koma Selama 5 Bulan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com