Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Peredaran Pil Koplo, BNN Tes Urine Pelajar SMA

Kompas.com - 09/01/2017, 12:30 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, Jawa Timur, melakukan tes urine terhadap sejumlah siswa di SMA Laboratorium Kota Malang, Senin (9/1/2017).

Tes urine itu dilakukan untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar.

Berdasarkan data yang ada di BNN Kota Malang, angka pengguna narkoba di kalangan pelajar se-Kota Malang mencapai 10 hingga 15 persen. Rata-rata, para pelajar itu menggunakan narkoba jenis pil koplo.

"Justru yang ada jenis pil koplo atau kacang goreng. Mau menjual yang kelas atas, dia (pelajar) tidak punya uang," kata Kepala BNN Kota Malang, AKBP Bambang Sugiharto.

Bambang menjelaskan, BNN bersama jajarannya berhasil mengungkap sekitar 70.000 butir pil koplo pada tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2015, jumlahnya lebih tinggi mencapai sekitar 280.000 butir pil koplo.

"Pada 2016 memang menurun. Mungkin karena gencarnya pengungkapan," ungkapnya.

Jika dalam tes urine itu diketahui ada yang positif narkoba, pihak BNN akan menindaklanjuti temuan tersebut, termasuk mengungkap asal dan jaringan peredaran narkoba tersebut.

"Ya, nanti akan kami kembangkan. Karena ini juga bagian dari target BNN pusat," ungkapnya.

Tidak hanya pil koplo, BNN Kota Malang juga sudah mewaspadai beredarnya tembakau gorila. Sebab, pangsa dari tembakau tersebut di antaranya adalah kalangan pelajar.

"Tembakau gorila pengungkapannya masih nol. Belum ada hasil pengungkapan," jelasnya.

Baca juga: Polisi Belum Bisa Hukum Pemakai Tembakau Gorila

Selain pengungkapan kasus, pihaknya juga melakukan pencegahan dengan cara sosialisasi kepada semua pelajar di Kota Malang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com