Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Macet akibat Cisomang, Gerbang Tol Baru Dibangun di Cipularang

Kompas.com - 09/01/2017, 12:16 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — PT Jasa Marga tengah membangun gerbang tol baru di Km 99+400 Tol Cipularang.

Gerbang tol tersebut untuk mengantisipasi kemacetan akibat perbaikan Jembatan Cisomang di Km 100+700.

Pilar dua (P2) Jembatan Cisomang mengalami pergeseran (deformasi) hingga 57 sentimeter.

Selama perbaikan, kendaraan sumbu dua tidak boleh melewati jembatan dan dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Jatiluhur untuk kendaraan dari Jakarta, sedangkan kendaraan dari Bandung dialihkan ke GT Cikamuning. Akibat pengalihan ini, arus lalu lintas di jalur arteri Purwakarta macet total.

"Kami dapat perintah minggu kemarin untuk membersihkan, memperbaiki, dan memperlebar jalan ini. Rencananya akan dibangun gerbang tol baru di sini," ujar pelaksana Jasa Marga, Hendi, di Purwakarta, Senin (9/1/2017).

Hendi menjelaskan, gerbang tol tersebut dibangun untuk mengatasi kemacetan yang akhir-akhir ini terjadi di jalur arteri Purwakarta.

"Untuk kendaraan dari Jakarta, nanti bisa keluar di (Km) 99 dan masuk setelah Cisomang. Begitupun kendaraan dari Bandung, bisa keluar Cikamuning dan masuk (Km) 99," imbuhnya.

Baca juga: Jembatan Cisomang Diperbaiki, Waktu Tempuh Bandung-Purwakarta 6 Jam

Sebenarnya, sambung Hendi, jalur yang akan dijadikan GT di Km 99 sudah lama. Awalnya, jalur tersebut akan digunakan untuk jalur evakuasi bila terjadi sesuatu.

Saat ini, jalur tersebut akan diperbesar menjadi dua lajur seluas 8 meter x 600 meter. Rencananya, perbaikan selesai dalam sebulan dengan fasilitas dua gardu tol.

"Ada beberapa tahapan, mulai dari pembersihan, penggalian, pengerasan, pemasangan gardu, dan lampu-lampu. Saat ini, perbaikan baru memasuki tahap pembersihan," tuturnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, belasan pegawai Jasa Marga tengah melakukan pembersihan. Mereka memotong dahan-dahan pohon yang menghalangi jalan dan menaikkan potongan kayu tersebut ke mobil. Sejumlah pekerja juga tengah melakukan pengerasan jalan.

"Kami baru kerja dari kemarin. Sebulan selesai dan bisa dilalui," tutup Hendi.

Kompas TV Tol Purbaleunyi Macet Akibat Pemisahan Kendaraan Berat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com