Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Rangkaian Kereta Dijanjikan Angkut Bonek Pulang

Kompas.com - 06/01/2017, 18:31 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan suporter klub Persebaya Surabaya atau yang lebih dikenal dengan nama Bonek diprediksi akan masuk ke Kota Bandung, tempat penyelenggaraan Kongres PSSI pda tanggal 7 hingga 9 Januari 2017 mendatang. 

Para bonek rencananya akan dipulangkan pada hari Minggu (8/1/2017) atau paling lambat setelah Kongres PSSI selesai.

Rencananya, satu rangkaian kereta api akan disiapkan khusus mengangkut Bonek pulang ke Surabaya.

"Hasil rapat di Mapolda, katanya pihak Dishub akan mengusahakan satu rangkaian kereta khusus untuk mengangkut bonek saja," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus saat ditemui di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Jumat (6/1/2017).

Yusri menyebutkan, kereta khusus bonek itu akan langsung menuju Surabaya dan tidak akan berhenti di stasiun-stasiun besar maupun kecil.

"Kalau ada penumpang umum kan, pasti berhenti di stasiun. Jadi nanti bablas saja. Rawannya kalau mampir di stasiun itu mereka melakukan penjarahan," tuturnya. 

Polda Jawa Barat menganggap hal tersebut merupakan ide baik dan cepat untuk memulangkan bonek ke Surabaya. Untuk itu, pihaknya akan terus menagih Dinas Perhubungaan Kota Bandung agar rencana tersebut bisa terealisasi. 

"Sudah dikoordinasikan sama Dishub, Kita tagih semua. Jangan cuma janji-janji saja," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, pihaknya masih terus mengupayakan agar kereta angkutan khusus bonek pulang ke Surabaya bisa terwujud.

"Nanti kita koordinasi dengan kepolisian pulang perginya gimana termasuk satu gerbong itu. Sementara ini dari pengalaman ketika masa begitu banyak, dikhawatirkan ada perusakan itu yang kita hindari," ujarnya.

Didi mengatakan, pihaknya perlu kepastian dari bonek agar kereta tersebut bisa terisi sepenuhnya. "Butuh koordinasi detail, apakah mereka sudah carter atau beli tiket pulang pergi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com