Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru 2017, Jumlah Wisatawan di Gunung Bromo Menurun

Kompas.com - 02/01/2017, 14:04 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mencatat, jumlah wisatawan saat malam pergantian tahun mencapai 5.534 orang. Jumlah itu terdiri dari 100 orang wisatawan asing dan sisanya wisatawan lokal.

"Kalau tahun baru yang banyak memang wisatawan lokal. Kalau asing sedikit," kata Humas BB TNBTS, Antong Hartadi, Senin (2/1/2017).

Antong menjelaskan, meski jumlah kunjungan mencapai 5.534 orang, jumlah kunjungan itu menurun dibanding dari tahun sebelumnya.

"Jumlahnya turun dibanding tahun sebelumnya," ungkapnya.

Dia menyebutkan, penurunan jumlah pengunjung itu bisa disebabkan oleh kondisi cuaca. Menurut Antong, kondisi cuaca saat malam pergantian tahun tidak secerah tahun sebelumnya.

"Mungkin karena cuaca ya. Kalau tahun lalu kan cerah," ungkapnya.

Hal yang sama terjadi pada jumlah pendaki di Gunung Semeru. Terhitung pada tanggal 31 Desember 2016, jumlah pendaki yang memulai pendakian mencapai 659 orang. Terdiri dari delapan pendaki asing dan sisanya pendaki lokal. Jumlah itu juga turun dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau di Semeru mungkin karena adanya informasi badai," ungkapnya. Tidak ada kejadian berarti selama perayaan pergantian tahun di dua gunung tersebut.

Antong menyebutkan, pelaksanaan perayaan pergantian tahun itu berjalan dengan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com