Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Januari, Indonesia Teken MoU Haji dengan Arab Saudi

Kompas.com - 31/12/2016, 08:44 WIB
Rakhmat Nur Hakim

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan meneken nota kesepahaman terkait musim Haji 2017 dengan Arab Saudi, 4 Januari mendatang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, Indonesia akan mengupayakan penambahan kuota jemaat haji pada momen tersebut.

Namun, kata Lukman, penambahan kuota haji bagi Indonesia juga harus rasional. Sebab, hal tersebut bergantung pada daya tampung Mina yang terbatas.

"Kalau Masjidil Haram bisa diperluas, seluasnya, Madinah bisa diperluas seluas-luasnya. Arofah juga bisa diperluas seluas-luasnya tanpa batas. Tapi kalau Mina menurut syari (aturan agama) ya sudah terbatas ya sebegitu itu," kata Lukman di Jakarta, Jumat (30/12/2016).

Baca juga: Arab Saudi Belum Bisa Tambah Kuota Jemaah Haji Indonesia

Menurut Lukman, satu-satunya cara memperbesar daya tampung Mina, yakni dengan membangun tenda-tenda ke atas. Karena itu, Lukman meminta masyarakat memahami semua persoalan tersebut karena berkaitan dengan keamanan seluruh jemaah haji.

"Karena itu nantinya strateginya untuk menambah kuota Indonesia selain melobi untuk menambah kuota ke Arab Saudi yakni dengan alih kuota dari negara yang belum habis. Saya pikir itu lebih masuk akal," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com