Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihantam Ombak, Sebuah Kapal di Halmahera Bocor dan Tenggelam

Kompas.com - 29/12/2016, 15:03 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Kapal penumpang KM Karamando yang bertolak dari Kota Ternate menuju Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (29/12/2016) pagi tadi dihantam gelombang tinggi hingga tenggelam.

Sesuai manisfet, kapal tersebut memuat 50 penumpang, berangkat dari Ternate pukul 08.30 WIT tujuan pelabuhan Kecamatan Jailolo. Namun di tengah perjalanan, kapal naas tersebut dihantam ombak hingga menyebabkan mesin kapal mati.

Kepala BPBD Kabupaten Halmahera Barat Khalid Ismail mengatakan, dugaan sementara kapal mengalami kebocoran di bagian lambung kapal akibat diterjang ombak.

“Saat mesin kapal mati, kapal sempat terbawa arus hingga ke Desa Tauro. Penumpang yang panik melihat adanya kebocoran kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut. Kami dengar peristiwa itu langsung hubungi Basarnas Ternate,” kata Ismail.

Tim Basarnas gabungan yang tiba di lokasi kejadian langsung melakukan evakuasi terhadap seluruh penumpang ke Pelabuhan Jailolo.

“Sudah banyak yang dievakuasi, namun belum tahu berapa yang korban luka dan yang meninggal dunia,” kata Khalid lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com